Angkasa Pura 2

Kemhub Komit Tingkatkan Keselamatan dan Keamanan Penerbangan di Papua

Bandara SDMMinggu, 19 Maret 2017
Bandara Dekai Papua

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) komit untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan khususnya di wilayah Papua dan daerah Indonesia Timur lainnya. Pemerintah melalui Perum AirNav terus menambah dan membenahi fasilitas navigasi penerbangan di wilayah Papua.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melalui kaun @kemenhub151 menyampaikan, “Penerbangan di wilayah Papua kini lebih nyaman seiring modernisasi peralatan navigasi. Keselamatan penerbangan pun meningkat.” kata Menhub.

Saat ini, tercatat ada 54 bandara di Papua dan Papua Barat. Secara bertahap, mereka akan terus ditingkatkan fasilitasnya, termasuk melengkapi fasilitas navigasi penerbangan yamng ada. Degan begitu, pesawat yang akan take off dan landing di beberapa bandara di Papua bisa terlaksana dengan aman dan selamat.

Didik dan Berdayakan Putra Papua

Kementerian Perhubungan (Kemhub) melalui BPSDM Perhubungan terus memberikan diklat bagi putra-putri Papua dan Papua Barat menjadi insan penerbangan yang andal. Mereka akan diberikan diklat di beberapa kampus BPSDM Perhubungan.

“Selanjutnya akan menjadi kerja sama dengan operator bandara dan Perum AirNav untuk menerima dan menampung mereka bekerja disana,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Dr. Wahju Satrio Utomo kepada Beritatrans.com, kemarin.

Kemhub, menurut Tommy, sapaan akrab dia, bertekad mengisi dan menyiapkan kebutuhan SDM di 54 bandara di Papua dan papua Barat. Caranya dengan merekrut dan mendidik mereka terutama putra daerah di sekitar bandara yang dimaksud.

“Kemudian ditampung dan dipekerjakan di bandara di sekitarnya. Dengan begitu, mereka lebih enjoy bekerja dan tidak minta pulang seperti kalau merekrut SDM dari Jawa atau daerah lain di Indoensia,” tandas Tommy. (helmi)