Angkasa Pura 2

Capt. Arifin: Calon Pimpinan Ditjen Perhubungan Laut harus Menguasai Semua Bidang Tugas

SDMSenin, 20 Maret 2017
IMG-20170320-WA0091

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kepala Pusat Pengembangan SDM perhhubungan Laut Capt. Arifin Soenardjo, M.Hum meminta seluruh peserta Diklat Teknis Terpadu Bidang Transportasi Laut (TTBPL) menyerap dan memahami seluruh materi diklat dan selanjutnya bisa menerapkan ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama diklat di Balai pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) Jakarta.

“Kalian adalah calon pemimpin terutama di Ditjen perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan (Kemhub), maka harus menguasai semua bidang tugas dan kewajiban di lapangan. Kalian juga harus membuktikan mampu menguasai berbagai bidang ketrampilan atau pengetahuan. Semua pengetahuan seperti saftety, security, dwelling time, ISPS Code, ISM Code dan perkara operasionan lainnya harus dikuasai. Aneh jika seorang pimpinan di kantor tapi tak menguasai bidang tugasnya,” kata Capt. Arifin saat menutup Diklat TTBPL di kampus BPPTL Jakarta, Senin (20/3/2017).

Seperti diketahui, Capt. Arifin didampingi Kepala BPPTL Jakarta Dr. Capt. Mashudi Rofik dan Kasie Penyelenggaran Diklat BPPTL Capt. Mu’man Yitno Sutrisna menutup Diklat TTBPL yang diikuti 29 peserta. Dalam diklat selama 35 hari kerja itu, peserta dibekali berbagai pengetahuan dan bidang tugas di sektor perhubungan laut. Diklat tersebut diikuti para aparatur Ditjen Perhubungan Laut baik di pusat atau Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah.

“Mulai masalah operasional di pelabuhan, pelayaran, navigasi, keselamatan serta sikap dan budaya melayani yang baik harus dikuasi oleh para peserta karena mereka adalah calon pemimpin di masa mendatang. Saat kembali ke tempat tugas, mereka bisa mengaplikasikan dengan baik dan benar-benar menjadi contoh dan teladan apartaur lain di tempatnya bekerja,” jelas Capt. Arifin.

IMG-20170320-WA0092

Prasyarat Naik Pangkat atau Jabatan

Kepala BPPTL Jakarta Capt. Mashudi Rofik menambahkan, Diklat TTBPL dulu menjadi prasyarat bagi aparatur Ditjen Perhubungan Laut yang akan naik pangkat atau jabatan. “Untuk naik pangkat, mereka harus mempunyai sertifikat diklat TTBPL. Artinya, mereka sudah mengikuti diklat terpadu, berbagai bidang kemampuan dan tugas di lapangan. Saat menjadi pemimpin, mereka sudah menguasai semua bidang tugasnya dengan baik,” katanya menjawab Beritatrans.com, Senin.

Dikatakan, kampus BPPTL tahun 2017 sudah menggelar Dikat TTBPL Angkatan I. Secara periodik, diklat serupa akan segera digelar kembali di kampus BPPTL. Untuk Diklat TTBPL ini peserta khusus aparatur Ditjen Perhubungan Laut. Sebelum naik jabatan atau menjadi pimpinan di satu UPT, mereka harus menjalani diklat terpadu tersebut.

“Nanti, selain diklat teori di kelas, akan diberikan kesempatan untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) sesuai jadwal yang telah ditentukan. Saat itulah, mereka harus sudah bisa sharing pendapat dan pengalaman di lapangan. Selanjutnya menyusun tugas perorangan serta tugas kelompok sebelum akhirnya dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan sertifikat Diklat TTBPL tersebut,” tandas Capt. Rofik.(helmi)

loading...