Angkasa Pura 2

Percepatan Pembangunan Toba Sangat Penting Dukung Target 20 Juta Wisman

Bandara DestinasiSelasa, 21 Maret 2017
IMG-20170321-WA0001

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan, percepatan pembangunan destinasi Danau Toba memiliki peran penting dalam mewujudkan target pariwisata nasional mendatangkan 20 juta wisatawan manca negara (Wisman) pada tahun 2019 dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus).

“Karena Danau Toba yang dipersiapkan sebagai geopark dunia ini menargetkan mendatangkan 1 juta Wisman dan 5 juta Wisnus pada tahun 2019,” jelas Arief saat meluncurkan Calender of Event Pariwisata Danau Toba 2017 Jakarta, Senin (20/3/2017) malam.

Arief mengungkapkan juga tentang perkembangan pengelolaan destinasi Danau Toba, hasil rapat terbatas (Ratas) yaitu, perlu dilakukan percepatan dalam penyiapan atau penyelesaian legalitas lahan di Zona Otoritas dengan melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta penguatan organisasi menjadi Badan Layanan Umum (BLU) maupun peningkatan anggaran Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba (BOPKPDT).

“Agar ideal, Kemenpar dalam menjalankan tugas mengejar target 1 juta wisman ke Danau Toba dengan perolehan devisa US$ 5 miliar pada 2019, mengusulkan tambahan anggaran tahun 2017 ini sebesar Rp 50 miliar ,” kata Arief.

Sebagai quick wins, dikatakan Arief, dukungan Kementerian Perhubungan sangat besar, dengan akan menyelesaikan proyek infrastruktur Bandara Silangit dan revitalisasi jalur kereta api Medan-Kualanamu- Siantar sekitar September 2017. (omy)

loading...