Angkasa Pura 2

Tingkatkan Keselamatan & Keamanan, KSOP Gresik Gelar Joint Exercise ISPS Code

DermagaSelasa, 21 Maret 2017
pfso gresik2

GRESIK (BeritaTrans.com) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas (KSOP) Gresik menginisiasi Joint Exercie tentang International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code, Selasa (21/3/20170).

pfso gresik4

Acara itu digelar melalui Forum Komunikasi Port Facility Security Officer (PFSO). Berbagai unsur terkait di Pelabuhan Gresik mengikuti acara tersebut antara lain PT Pelabuhan Indonesia III, INSA, agen kapal, Ditpolair, Polres Pelabuhan, Kodim, Imigrasi, Bea Cukai, dan Dinas Perhubungan.

Ikut hadir pula General Manager dan PFSO PT PJB Pembangkit Jawa Bali, top eksekutif PT Siam Maspion Terminal, PT Smelting Indonesia, PT Petro Kimia Gresik, PT Semen Gresik, PT Pertamina Tk, PT DABN, PT KIAS, PT Wilmar Indonesia, PT Indonesia Marine Shipyard, PT BMS Berlian Manyar Sejahtera.

“Gelaran ini untuk semakin memperkuat kerja sama unsur-unsur terkait dalam rangka meningkatkan keselamatan kapal dan keamanan pelabuhan. Ini sesuai dengan perintah Bapak Menteri Perhubungan dan Bapak Dirjen Perhubungan Laut,” jelas Kepala KSOP Gresik AKBP Capt. Hermanta, SH, MH, M.Mar.

Salah satu tujuan dari joint exercise itu adalah implementasi ISPS Code di Pelabuhan Gresik dapat berjalan sesuai ketentuan yang berlaku. “Karena itu diperlukan kerjasama solid, saling pengertian dan pemahaman terhadap risiko yang dihadapi, dan kami harap para stakeholder ikut mendukung,” jelas Hermanta.

Gelaran itu disambut gembira Mr. Somboon dari PT Siam Maspion Terminal. “Acara ini langkah luar biasa dari KSOP Gresik dalam rangka memperkuat keamanan di lingkungan pelabuhan. Kami sangat mengapresiasinya,” ujarnya.

Dia menuturkan gelaran itu sepatutnya ditingkatkan. “Pada sisi investor seperti kami maka akan mendapat jaminan bahwa investasinya terjaga,” cetusnya. (wah).