Angkasa Pura 2

Dirjen Pudji Tegaskan Pemerintah Tidak Menetapkan Tarif Transportasi Online

KoridorJumat, 24 Maret 2017
IMG-20170110-WA0027

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto menegaskan bahwa pemerintah tidak menetapkan tarif transportasi online. Pemerintah hanya mengatur batas atas dan batad bawah tarif angkutan umum yang berbasis aplikasi itu.

Penegasan pemerintah tersebut disampaikan Pudji saat berdialog dengan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar, Kamis (23/3/2017) kemarin.

“Perlu dipahami bahwa pemerintah tidak menetapkan tarif untuk setiap operator angkutan online. Kami hanya mengatur batasan tarif atas dan tarif bawah,” kata Pudji melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Pudji mengatakan, di dalam ruang antara tarif batas atas dan bawah itulah para operator dipersilahkan menentukan tarif masing-masing sesuai perhitungan bisnis mereka.

“Dan penentuan tarif batas atas dan bawah ini juga dilakukan oleh pemerintah daerah dalam bentuk Peraturan Kepala Daerah. Sehingga nanti setiap daerah bisa berbeda tarif batas atas dan bawahnya,” jelas Pudji.

Pudji juga menjelaskan bahwa Tarif batas atas bertujuan untuk melindungi konsumen agar terlindungi dari tarif yang sangat mahal disaat jam sibuk. Sedangkan Tarif batas bawah diberlakukan untuk melindungi pelaku usaha agar persaingan usaha menjadi sehat. (aliy)