Angkasa Pura 2

30% Progres Makassar New Port Di Atas Lahan 500 Hektar

DermagaSelasa, 28 Maret 2017
150605008image

MAKASSAR (BeritaTrans.com) – Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) meninjau lokasi proyek Makassar New Port (MNP), Senin (27/3/2017).

Syahrul pun tergesa-gesa mendatangi proyek perluasan pelabuhan seluas 500 hektare dan berbiaya Rp1,8 triliun.

Sambil memakai alat pelindung, manajemen Pelindo IV pun mengajak Syahrul keliling area proyek.

“Sejauh ini progresnya sudah sekitar 30 persen dan kami optimistis semua bisa sesuai target. Proyek ini milik masyarakat Sulsel,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima tribun-timur.com.

Syahrul ingin persoalan lingkungan tidak boleh merusak lingkungan.

“Saya cek dan semuanya sudah sesuai prosedur. Saya mau kalau ada masalah kita selesaikan sejak awal, jangan setelah nanti baru diributkan,” katanya.

2 FASE
Proyek MNP yang di-ground breaking oleh Presiden Joko Waidodo pada medio Mei 2015 silam itu terbagi dalam dua tahapan utama dan terbagi dalam beberapa fase untuk setiap tahapannya.

Berdasarkan data Pelindo IV, pengerjaan fisik MNP tahap pertama fase A masih berada pada posisi 32,74% fase B sebesar 2,94% serta fase C sebesar 10%.

Untuk tahap pertama proyek MNP itu memiliki dermaga sepanjang 320 meter, kedalaman 14 mLWS, lapangan kontainer (container yard) seluas 45 hektare, dilengkapi peralatan berupa 3 Unit CC, 9 unit RTG, head truck dan chassis, power plan dan pendukung dari sisi IT.

Secara terperinci, tahap 1 secara keseluruhan direncanakan memiliki kapasitas terpasang mencapai 1,5 juta TEU’s, sedangkan tahap kedua mencapai 2 juta TEU’s yang ditargetkan mampu mengakomodir arus peti kemas hingga 2050 mendatang.

Secara keseluruhan, total kapasitas MNP ditambah dengan kapasitas existing Pelabuhan Makassar akan mencapai 4,2 juta TEU’s, dengan panjang dermaga 2.850 meter dan lapangan penumpukan 171 ha.
(ani).

loading...