Angkasa Pura 2

Dikelola Kemhub Terminal Bawen Kab Semarang Makin Baik

Koridor SDMRabu, 29 Maret 2017
IMG-20170328-WA0049

JAKARTA (Beritatrans.com) – Terminal Bawen, Kab Semarang, Jawa Tengah kini kondisinya makin baik dan nyaman. Sekarang tinggal menunggu pelayanan angkutan umum termasuk Anglomerasi Semarang-Bawen yang lebih baik lagi tentunya.

Terminal Tipe A itu dikelola Kementerian Perhubungan (Kemhub) melalui Ditjen Perhubungan Darat bersamaaam dengan terminal serupa di Tanah Air. Sesuai UU, pengelolaan Terminal Tipe A  di Tanah Air dikembalikan ke pemerintah pusat.

“Ke depan, kondisi dan pelayanan Terminal tipe A lain harus lebih baik. Kondisinya ditata rapi, fasilitas lengkap baik kantor PO, ruang tunggu penumpang, dan fasilitas umum  seperti toilet, musholla, kantin dan lainnya,” kata Kepala Lab Transportaso Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno, ST, MT kepada  Beritatrans.com di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

IMG-20170328-WA0046

Menurut dia, ide awal pengelolaan kembali Terminal Tipe A oleh Kemhub adalah untuk mengembalikan peran dan fungsi terminak sesuai UU. Yaitu pelayanan publik yang baik khususnya tempat  naik turun penumpang,” jelas Djoko.

Pemerintah khususnya Kemhub harus mengembalikan peran dan fungsi itu  secara optimal. Jangan  sebaliknya terminal justru dijadikan sumber PAD tapi pelayanan malah terabaikan.

Perbaikan pelayanan di terminal seperti di Bawen, Jateng merupakan bagian perbaikan pelayanan umum serta upaya membangum angkutan umum yang baik.

“Percuma angkutan umum baik tapi kalao kondisi dan pelayanan  di terminal buruk sama saja. PO dan orang enggan ke terminal  dan implikasinya angkutan umum makin terpuruk,” kilah Djoko.

IMG-20170328-WA0044

Ke depan, menurut Djoko, Pemerintah dan dunia usaha di Indonesia harus sama-sama membangun angkutan umum yang baik. “Terminal  tertata rapi dan pelayanan angkutan umum makin baik demi kepuasan pelanggan pula,” tandas Djoko.(helmi)

loading...