Angkasa Pura 2

Badan Litbang Perhubungan Teken MoU dengan 3 Universitas dan BPPT

LitbangKamis, 30 Maret 2017
Rakornis Litbang - 3

JAKARTA (beritatrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan melakukan Penandatanganan nota kesepahaman atau MoU kerja sama dengan 3 perguruan tingga dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Nota kesepahaman tersebut di tandatangani oleh Kepala Badan Litbang Perhubungan Umiyatun Hayati Triastuti dan perwakilan lembaga tersebut yang disaksikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo di sela-sela pembukaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Badan Litbang Perhubungan.

Kerjasama dengan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah tentang Pemenuhan Regulasi untuk Pengembangan Software Damage Tolerang Repair Integrated Analysis (DTRINA) dan tentang uji simulasi crash worthiness pada rancang bangun karoseri kendaraan angkutan penumpang di Indonesia.

Sedangkan kerjasama dengan Badan Pengembangan dan Pengelola Usaha (BPPU) Institut Teknolgi 10 November Surabaya tentang pembuatan prototipe peralatan, wind shear detector dan peralatan pengukur ketinggian genangan air di landas pacu.

Sementara kerjasama dengan Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gajah Mada di bidang pengembangan jaringan jalan untuk kebutuhan mobilitas angkutan barang berdasarkan hasil survei ATTN Tahun 2016.

Adapun kerjasama dengan BPPT tentang pengembangan dan pengkajian aplikasi vulkanisir ban pesawat terbang kategori normal.

Sebelumnya, dalam sambutan pembukaan Rakornis, Menhub Budi Karya meminta agar Badan Litbang mampu mengakomodasi berbagai pengembangan teknologi transportasi. (aliy)