Angkasa Pura 2

Menhub Budi Karya Buka Rakornis Badan Litbang Perhubungan 2017

LitbangKamis, 30 Maret 2017
IMG_20170330_093558

JAKARTA (beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan Tahun 2017 di Ruang Mataram Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Rakornis yang akan berlangsung selama satu hari ini mengambil tema “Peningkatan Sinkronisasi Penelitian dan Pengembangan Transportasi dalam Mewujudkan Konektivitas Transportasi Nasional yang Efektif dan Efisien”.

Menhub Budi dalan sambutannya menyampaikan bahwa tema Rakornis Badan Litbang Tahun 2017 ini sangat tepat. Tema ini sejalan dengan rencana pemerintah yang akan meluncurkan paket kebijakan ekonomi jilid XV yang terfokus pada pembenahan masalah konektivitas, terutama terkait dengan distribusi logistik nasional.

“Konektivitas merupakan bagian dari visi Nawa Cita pemerintahan Presiden Jokowi,” kata Memhub.

Menurutnya, tidak mudah membangun konektivitas di Indonesia yang memiliki wilayah begitu luas dengan puluhan ribu pulau yang terpisah-pisah oleh lautan.

“Tetapi saya yakin, dengan kerja sama semua pihak, konektivitas bisa terwujud,” ujarnya.

Untuk itu Menhub berharap agar Badan Litbang Perhubungan dapat memberikan masukan kepada para pengambil kebijakan melalui penelitian strategis.

Kepala Badan Litbang Perhubungan Umiyatun Hayati Triastuti dalam laporannya menyampaikan bahwa Rakornis Litbang Perhubungan Tahun 2017 ini diikuti oleh kurang lebih 300 peserta. Terdiri dari para pejabat pemerintah di lingkungan Kementerian Perhubungan, para Kepala Dinas Perhubungan Provinsi, Kepala Badan Litbang Daerah Provinsi, Kepala Bappeda Provinsi, Perguruan Tinggi, khususnya yang mempunyai program studi transportasi yang ada di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Tim Dewan Pakar Transportasi/Panel Ahli, serta Asosiasi yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan jasa transportasi

“Tujuan penyelenggaraan Rakornis ini, adalah dalam rangka koordinasi dan pemantapan tiga agenda kegiatan Badan Litbang Perhubungan Tahun 2017,” katanya.

Ia menjelaskan, agenda pertama adalah dalam rangka mewujudkan sinergitas perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan antara Lembaga Riset, Regulator, dan Operator Transportasi.

Kemudian agenda kedua, adalah pemantapan persiapan, koordinasi, dan pelaksanaan Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Nasional Tahun 2017.

Sedangkan ggenda ketiga adalah menjalin kerjasama penelitian dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. (aliy)