Angkasa Pura 2

Menhub Minta Badan Litbang Akomodasi Pengembangan Teknologi Transportasi

LitbangKamis, 30 Maret 2017
Menhub_Rakornis Litbang - 4

JAKARTA (beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi minta agar Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan sebagai bagian penting dari Kementerian Perhubungan harus mengakomodasi pengembangan teknologi transportasi.

“Saya minta Badan Litbang bekerja sama dengan perguruan tinggi dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) agar merespon hal-hal yang berkaitan dengan kemajuan teknologi transportasi,” kata Menhub Budi ketika membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Badan Litbang Perhubungan Tahun 2017 di kantor Kemenhub Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Menhub mengatakan, agar dalam merespon kemajuan teknologi juga dilakukan dengan berhati-hati sehingga dalam menerapkan teknologi di bidang transportasi, masyarakat bisa mendapatkan jaminan bahwa produk-produknya baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Oleh karena itu peran Badan Litbang sangat penting dan saya minta setiap kebijakan transportasi yang akan ditetapkan didasari oleh hasil penelitian,” kata Menhub.

Menurutnya, salah satu contoh kehati-hatian adalah adanya perusahaan bernama Hyperloop yang ingin mengajukan MoU dengan Kementerian Perhubungan. Namun Menhub menyatakan harus dilakukan penelitian terlebih dahulu. Mengingat di negara asalnya Amerika Serikat, Hyperloop baru melakukan uji coba pelayanan transportasi sejauh 8 km.

Pada kesempatan itu Menhub juga meminta Badan Litbang Perhubungan dapat memerankan diri menjadi agen penelitian dan pengembangan.

“Badan Litbang Perhubungan bersama perguruan tinggi dapat memerankan diri menjadi agent of knowledge and technology transfer dan dapat berperan sebagai agent of economic development yang terus intensif melakukan pengembangan sistem transportasi di Indonesia,” ujar Menhub. (aliy)