Angkasa Pura 2

Pelabuhan Domestik Sekupang & Telagaounggur Dioperasikan Sebelum Mudik Lebaran

DermagaKamis, 30 Maret 2017
images-8

SEKUPANG (BeritaTrans.com) – Badan Pengusahaan (BP) Batam mengupayakan agar terminal baru Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telagaounggur segera bisa digunakan sepenuhnya sebelum mudik Lebaran 2017.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam Purnomo Andiantono mengatakan, saat ini pemeriksaan hasil pembangunan di lapangan sudah selesai. Namun hasilnya kan harus dirumuskan lebih lanjut. “Yang jelas diupayakan agar segera bisa digunakan,” ujarnya seperti dikutip sindobatam, kemarin.

Terminal Pelabuhan Domestik Telagapunggur yang berada pada sisi timur Pulau Batam dibangun tiga lantai dengan anggaran Rp64 miliar dengan luas bangunan 4.600 meter persegi diatas lahan 2,2 hektare. Pelabuhan ini juga dilengkapi dengan lift bagi penumpang.

Sedangkan Terminal Pelabuhan Domestik Sekupang yang berada pada sisi barat Pulau Batam dibangun dua lantai dengan anggaran sekitar Rp56 miliar.

Meskipun pembangunan terminal keduanya sudah selesai, namun masih ada sejumlah pekerjaan yang harus dilengkapi termasuk kelengkapan lain di luar kontrak pembangunan.

“Karena belum semua item masuk dalam kontrak pekerjaan yang sekarang. Jadi nanti (penggunaannya) menunggu pertimbangan pimpinan,” kata Andi.

Jika memungkinkan, bisa saja terminal baru digunakan sambil melengkapi item-item lain yang belum. Namun jika tidak memungkinkan tetap harus menunggu semua lengkap terlebih dahulu.

Untuk Terminal Pelabuhan Telagapunggur saat ini yang belum ada adalah lapangan parkir dan pagar pembatas. Areal parkir yang ada masih semerawut karena belum dilakukan perataan termasuk pembongkaran terminal lama.

“Mudah-mudahan sebelum musim Lebaran semua sudah siap agar masyarakat pengguna merasa nyaman. Karena saat mudik bisanya penumpang membeludak,” katanya.

Dua pelabuhan domestik tersebut merupakan pintu utama menghubungkan Batam dengan wilayah lain di Kepri, Riau, dan Jambi. Pelabuhan Telagapunggur menghubungkan Batam dengan Kota Tanjungpinang , Tanjunguban yang menjadi pintu masuk Kabupaten Bintan, Anambas, dan Dabo di Kabupaten Lingga.

Sedangkan Pelabuhan Sekupang menghubungkan Batam dengan sejumlah wilayah di Kabupaten Karimun Provinsi Kepri, Kuala Tungkal Jambi, dan sejumlah kota di Jambi. (lia).

loading...