Angkasa Pura 2

Capt. Supendi: 2017 STIP Jakarta Akan Terima 240 Taruna Baru

SDMJumat, 31 Maret 2017
IMG-20170331-WA0139

JAKARTA (Beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta akan menerima taruna baru sebanyak 240 orang, dengan komposisi 4 kelas Nautika, 4 kelas Teknik dan 2 kelas Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK).

“Dengan siswa setiap kelas 24 orang, maka akan ada 240 taruna baru yang diterima pada tahun jaran 2017/2018 ini,” kata Ketua Panitia Sipencatar STIP Jakarta Capt. Supendi, M.Mar kepada Beritatrans.com di Jakarta, Jumat (31/3/2017).

Jumlah kuota penerimaan taruna baru itu, lanjut dia, disesuikan dengan ketersediaan fasilitas asrama ruang kelas, perpustakaan serta peralatan diklat lainnya. “STIP komit melaksanakan diklat kepelautan yang baik dengan tingkat kepuasan tinggi,” jelas Capt. Supendi.

Kendati begitu, papar dia, masih ada opsi untuk menerima masng-masing program studi (prodi) sampai lima kelas. Nati akan disesuikan dan dibicarakan bersama sesuai dinamika di lapangan.

“Jika rencana ini benar direalisasikan, maka akan ada 360 taruna dengan 15 kelas dari tiga prodi berbeda. Tapi itu masih perlu pembahasan lagi,” kilah Capt. Supendi.

Capt. Supendi nemabhakan, seleksi penerimaan calon taruna (Sipencatar) 2017 akan dimulai tanggal 3 April 2017. “Pendaftaran akan dilakukan secara online, sehingga bisa dilakukan dari alamat masing-masing bahkan dari luar negeri,” jelas dia.

Kendati begitu, papar Capt. Supendi, pihak STIP Jakarta akan menyiapkan fasilitas komputer dan petugas di loket pendaftaran Kampus STIP Jakarta.

“BPSDMP termasuk STIP Jakarta sudah melakukan pendaftaran taruna secara online sejak tiga tahun silam. Tahun 2017 ini tentu akan lebih disempurnakan lagi layanan pendaftaran diklat secara online itu,” papar dia.

Tahapan Sipencatar2017

Namun begitu, menurut Capt. Supendi help desk di STIP itu hanya difungsikan untuk melayani para pendaftar yang bermasalah. Mereka bisa datang ke help desk di Auditorium STIP Jakarta dan ada petugas yang siap membantu kesulitan calon taruna STIP,” papar dosen Nautika STIP itu.

Kasubag Rumah Tangga dan Humas STIP Jakarta Capt. Ariandy S.Bachri, M.Sc menambahkan, pihak STIP Jakarta akan siap membantu dan memfasilitasi calon taruna yang mengalami kesulitan atau masalah selama proses pendaftaran sipencatar 2017.

“STIP akan menyiapkan help desk lengkap dengan petugas yang siap membantu, terutama jika ada catar yang mengalami masalah saat mendaftar. Selanjutnya, mereka bisa mengikuti tahapan Sipencatar 2017 dengan baik dan lancar,” tandas Capt. Ariandy.(helmi)