Angkasa Pura 2

Dirjen Agus: Penumpang Tidak Dilarang Bawa Laptop dan Ponsel ke Kabin Pesawat

Bandara KokpitSabtu, 1 April 2017
IMG20170401075849

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Penumpang pesawat yang membawa laptop dan telepon selular (ponsel) tidak dilarang untuk dibawa ke kabin. Hal itu ditegaskan Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso terkait informasi di media sosial yang menyebarkan pelarangan.

“Namun pemeriksaan terhadap laptop dilakukan secara tersendiri. Biasanya, laptop yang berada dalam tas penumpang, akan diminta dikeluarkan dan diperiksa melewati X-ray,” jelas Agus di Jakarta, Sabtu (1/4/2017).

Bila ada hal-hal yang mencurigakan, lanjutnya, maka petugas akan meminta pemilik untuk mengoperasikan laptopnya terlebih dahulu.

Sesuai prosedur, pemeriksaan terhadap barang elektronik harus sudah dilakukan saat penumpang masuk area terminal keberangkatan di bandara.

“Kemhub akan mengambil langkah hukum terkait dengan penyiaran informasi bohong melalui media sosial yang menyatakan bahwa Kemhub melarang penumpang membawa laptop dan ponsel ke pesawat,” tegas Agus.

Pihaknya, kata Agus, telah mengirimkan  kembali Surat Keputusan  Direktur Jenderal Perhubungan Udara kepada seluruh pengelola Bandara yang  mengingatkan bahwa keamanan barang elektronik penumpang,  dalam pelaksanaanya diatur melalui ketentuan yang berlaku.

Adapun ketentuan yang sudah diedarkan yakni Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Udara no. SKEP/ 2765/ XII/ 2010 dan Surat Edaran Dirjen Perhubungan Udara no. SE.6 Tahun 2016. (omy)