Angkasa Pura 2

Rencana Pembangunan Bandara Dukung Potensi Wisata Pandeglang

Bandara DestinasiSabtu, 1 April 2017
IMG_20170401_111912

PANDEGLANG (BeritaTrans.com) – Rencana pembangunan bandara di Banten Selatan menjadi bagian dari dukungan pengembangan potensi wisata dengan memudahkan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara untuk mencapai Kabupaten Pandeglang.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengemukakan, selain ikon Badak Bercula Satu, mereka juga memiliki 33 pulau yang berpotensi pariwisata.

“Kami juga memiliki panjang pantai terpanjang,” kata Irna di Pandeglang, Sabtu (1/4/2017).

Untuk itu pihaknya sangat berharap peran Pemerintah Pusat untuk meningkatkan kemampuan Pandeglang menuju perwujudan Bali baru.

“Impacnya Pandeglang tidak hanya dikenal nasional tetapi internasional,” harap Irna.

Dengan pembangunan bandara, lanjut dia, dampak lainnya adalah terkait ekonomi, sosial, dan politik. Hal itu lantaran diakui bahwa saat ini jumlah pengangguran masih tinggi dan penduduk miskin masih di angka 10 persen dari jumlah penduduk di tujuh kecamatan.

“Kami mendukung sepenuhnya pembangunan bandara dan siap membantu dengan kemampuan yang kami miliki,” tutur Irna.

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso menambahkan, pembangunan bandara di Banten Selatan pernah masuk ke pada penetapan lokasi (penlok) pada 2010-2015 namun tidak berlanjut.

“Lahan 540 hektar untuk area apron saja, belum termasuk aerotropolis,” ujar Agus.

Selanjutnya saat ini tengah dilakukan persiapan penlok baru yang jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi pertama ditambah dukungan lahan dari Kementrian Kehutanan melalui Perhutani. (omy)