Angkasa Pura 2

Inilah Manfaat Penggunaan BBM Standard Euro 4

images-2

JAKARTA (Beritatrans.com) – Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Karliansyah mengatakan, ada beberapa manfaat dari pemberlakuan aturan pemberlakuan bahan bakar minyak (BBM) standar Euro 4 ini.

“Penerapan bahan bakar dengan standar Euro 4 akan memberikan keuntungan bagi konsumen. Karena peningkatan kualitas bahan bakar bisa menjamin efisiensi,” kata Karliansyah di Jakarta, kemarin.

Dikatakan, kualitas udara di perkotaan juga akan semakin baik. Selama ini BBM yang digunakan di Indonesia masih berstandar Euro 2, yang memiliki gas buang dengan kandungan sulfur hingga 300 part per million (ppm).

“Untuk Euro 4, teknologinya menggunakan angka research octane number (RON) minimal 92, yang kandungan sulfurnya hanya 50 ppm,” jelas Karliansyah.

Selain itu, papar dia, Industri juga bisa mendapatkan manfaatnya, terutama produsen kendaraan. Dengan aturan ini produsen mobil di Indonesia bisa memproduksi mobil untuk pasar dalam negeri dan ekspor dengan spesifikasi mesin yang sama. Sehingga industri otomotif Indonesia bisa lebih efisien dan siap menghadapi perdagangan bebas ASEAN.

“Selama ini pabrik mobil di Indonesia memiliki dua lini produksi. Satu lini untuk memproduksi mobil yang dijual di dalam negeri. Satu lini lagi untuk mobil yang dijual ke luar negeri,” sebut Karliansyah seperti dikutip katadata.

Alasannya, dia menambahkan, spesifikasi mesin kendaraan untuk ekspor harus menggunakan standar bahan bakar minimal Euro 4 atau standard internasional.

Sementara untuk pasar dalam negeri tidak bisa menggunakan spesifikasi tersebut, karena standar bahan bakar yang ada di Indonesia masih Euro 2.(helmi/kd)