Angkasa Pura 2

Irjen Kemhub Resmikan Angkutan Antarmoda Di Anambas

Bandara Dermaga KoridorMinggu, 2 April 2017
2017-04-02 08.46.07

2017-04-02 08.53.22

ANAMBAS (BeritaTrans.com) – Angkutan antarmoda dirilis Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. Layanan konektifitas transportasi itu diresmikan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perhubungan (Kemhub), Minggu (2/4/2017).

“Kepulauan Anambas memiliki 255 pulau dan 5 pulau terluar. Waktu tempuh dengan kapal berkisar 2-6 jam dari satu pulau ke pulau lain. Ada persoalan besar tentang transportasi penduduk. Ada persoalan juga menyangkut konektifitas,” tutur Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris.

Karenanya angkutan antarmoda, dia menegaskan jawaban awal dari persoalan-persoalan itu. “Terjadi konektifitas kapal dengan KM Anambas 3, angkutan pedesaan dan Bandara Letung,” ujar politisi PPP tersebut.

Menyinggung tentang operasional ketiga moda transportasi tersebut, bupati menjelaskan untuk KM Anambas 3 diadakan dan dioperasikan dengan dana subsidi dari APBD Kepulauan Anambas. Demikian halnya dengan angkutan pedesaan disubsidi oleh APBD.

Sedangkan pembangunan Bandara Letung dibangun oleh Kementerian Perhubungan. “Operasional pesawat Susi Air di sana disubsidi oleh Kementerian Perhubungan melalui APBN,” jelas Abdul Haris.

2017-04-02 08.47.10

Cris Kuntadi mengawali sambutannya dengan memyampaikan salam hangat dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk masyarakat dan seluruh pimpinan di Kabupatan Kepulauan Anambas.

Dia menyampaikan apresiasi tinggi kepada Bupati Kepulauan Anambas, yang membangun ide, menginisiasi dan mengimplementasikan angkutan antarmoda.

“Bapak Menteri Perhubungan menyatakan pada prinsipnya keberhasilan pembangunan transportasi daerah amat bergantung kepada kemampuan pemerintah daerah membangun potensi daerah masing-masing. Apalagi angkutan antarmoda di Anambas ini tidak hanya mempermudah mobilitas masyarakat, tetapi juga memicu semakin dinamisnya pariwisata,” tutur Cris Kuntadi. (dien).