Angkasa Pura 2

Kereta Bandara Adi Soemarmo Ditargetkan Operasi pada 2018

Bandara EmplasemenMinggu, 2 April 2017
Bandara-adi-sumarmo

JAKARTA (beritatrans.com) – Rencana operasional KA Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah ditargetkan pada 2018 mendatang. Kereta ini akan menghubungkan Yogyakarta – Maguwo – Solo Balapan – Bandara Adi Soemarmo dengan total panjang jalur Solo Balapan – Bandara Adi Soemarmo adalah 13,5 km.

“Kalau (bandara) Yogyakarta penuh, bisa ke sini (Bandara Adi Soemarmo. Jadi saya minta PT KAI dan konsorsiumnya agar mempercepat pembangunan kereta bandara yang dapat melengkapi angkutan antar moda di Solo dan sekitarnya,” kata Menhub melalui keterangan resmi yang diterima beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Minggu (2/4/2017).

Total perkiraan kebutuhan lahan adalah 129.421 m2 dengan estimasi anggaran yang dibutuhkan adalah sekitar 700 milyar. Sarana yang dipakai adalah memakai KA Bandara (tipe demu) 4 trainset dengan kapasitas 50 seats/cars atau 200 seats/trainset.

Kecepatan operasi kereta tersebut adalah 70 km/jam sehingga dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Bandara Adi Soemarmo ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit dengan estimasi keberangkatan 12 kali trips atau 24 pp dengan headway 90 menit. (aliy)