Angkasa Pura 2

Selain Bandara, Pandeglang akan Reaktivasi Jalur Kereta dan Bangun Pelabuhan

Bandara Dermaga EmplasemenMinggu, 2 April 2017
IMG_20170402_092148

PANDEGLANG (BeritaTrans.com) – Memasuki hari jadi ke -143 Kabupaten Pandeglang, banyak harapan dan rencana yang ingin direalisasikan wilayah penghasil padi, emping, dan gula merah itu.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengungkapkan keinginan pihaknya membangun integrasi antarmoda saat melakukan pertemuan terbuka dengan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemhub) Agus Santoso.

“Kami ingin merealisasikan bandara, pelabuhan, dan menghidupkan kembali jalur kereta api,” ujar Irna di Pandeglang, Sabtu (1/4/2017).

Harapan itu disampaikan, dengan tujuan agar berdampak pada perekonomian yang makin menggeliat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Dirjen Udara yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) itu menyambut baik rencana-rencana yang disampaikan Bupati Pandeglang.

“Dengan mewujudkan integrasi antar moda maka mobilitas masyarakat lebih mudah dan akan ada multiplayer efek positif,” kata Agus.

Tahun ini kata Agus untuk rencana pembangunan bandara, penetapan lokasi (penlok) akan diselesaikan. Saat ini tim dari Ditektorat Bandar Udara juga sudah mulai melakukan peninjauan dan kajian-kajian untuk menjadi bahan pertimbangan saat memutuskan penlok.

Kepala Dinas Perhubungan Pandeglang Nanzar Riadi menambahkan, selain pembangunan bandara, rel kereta api juga akan segera direaktivasi, untuk kepentingan transportasi penumpang dan barang.

“Kami masih memetakan, karena masih banyak bangunan yang berdiri di area rel kereta,” ujar Nanzar.

Jalur yang akan diaktifkan dikatakan Nanzar adalah ruas Rangkasbitung-Labuan. Saat ini kereta rel listrik (KRL) sudah dijalankan hingga Rangkasbitung dari Tanahabang.

“Angkutan barang nantinya diharapkan dapat dialihkan menggunakan kereta api, karena beban jalan yan terlalu berat bila harus sering dilewati truk besar,” tuturnya.

Sedangkan pelabuhan, rencananya akan dibangun dekat dengan bandara. Dengan begitu integrasi antarmoda dapat diwujudkan. (omy)