Angkasa Pura 2

Kemhub Waspadai 6 Titik Krusial Selama Arus Mudik Lebaran 2017

Bandara Dermaga KoridorRabu, 5 April 2017
Menhub enam titik

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) mewaspadai sediktnya 6 titik krusial dan rawan terjadi kamecatan pada masa angkutan Lebaran 2017 mendatang. Daerah tersebut ditetapkan menjadi daerah yang menjadi perhatian Kemenhub selama masa angkutan Lebaran tahun 2017 ini.

“Ada enam titik rawan yang harus kita awasi yaitu Bandara Soekarno Hatta, Merak, Stasiun Senen, Brebes Exit (Brexit), Pelabuhan Batam dan Pelabuhan di Balikpapan,” jelas Menhub Budi Karya Sumadi dalam diskusi di Gedung DPR/MPR jakarta, Selasa (4/4/2017).

Sementara itu, titik kemacetan di jalan tol diprediksikan terjadi pada 9 ruas diantaranya Tangerang-Merak, Jakarta-Tangerang, Jakarta-Cikampek, Cikampek-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Cileunyi dan Jagorawi.

“Dari sekian banyak titik yang menjadi perhatian adalah Brexit karena tahun lalu kepadatan terjadi di arus tol tersebut,” jelas Menhub Budi Karya lagi.

“Kita siapkan 2 konsep lalu lintas di Brexit untuk mencegah kejadian seperti tahun lalu yaitu pertama kita fungsikan jalan tersebut sesuai proporsinya karena pada dasarnya ada ruas jalan lain yang bisa dilewati selain jalan tol yakni jalur utara dan jalur selatan. Kedua dengan membatasi jumlah kendaraan yang masuk dan keluar,” jelas Menhub.

Dia menyontohkan, jika antrian di Brexit melampaui 2 km maka gerbang sebelumnya akan ditutup, begitu seterusnya sampai di Jakarta. Kasus horor brexit yang terjadi tahun lalu jangan sampai terjadi apalagi sampai menelan korban jiwa.

“Konsep ini sudah kita ujicoba 2 kali pada Idul Adha dan Tahun Baru kemarin. Kita juga akan lihat, apakah tol Brebes – Semarang sudah bisa difungsikan pada saat angkutan lebaran nanti,” tandas Menhub Budi Karya.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari