Angkasa Pura 2

Arus Penumpang Mudik Lebaran 2017 Diprediksi Naik 4,85%

Bandara Dermaga Emplasemen KoridorRabu, 5 April 2017
Menhub DPR

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) memprediksikan jumlah penumpang dalam angkutan Lebaran tahun 2017 mengalami kenaikan sebesar 4.85% dari tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, Pemerintah baik usat atau daerah perlu melakukan antisipasi serta koordinasi yang lebih baik guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sementara, jumlah angkutan pribadi mobil mengalami kenaikan sebesar 18.18% dan angkutan motor mengalami kenaikan sebesar 13.92%,” kata Menhub Budi Karya disela-sela diskusi di Media Centre DPR Jakarta, Selasa (4/4/2017).

“Jumlah penumpang tahun ini diprediksi akan mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya sekitar 18 juta menjadi 19 juta dan kita prediksi kenaikan penumpang terbesar pada angkutan lebaran tahun ini melalui udara yaitu sebesar 9.75%,” jelas Menhub

Untuk mendukung kelancaran arus angkutan Lebaran, lanjut dia, Kemhub akan melakukan koordinasi antar instansi terkait agar pelaksanaan penyelenggaraan angkutan lebaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Beberapa instansi yang terlibat penyelenggaraan angkutan Lebaran yaitu, POLRI (Korlantas), Kementerian PU PERA, Kemendagri dan Kemenkes,” kilah Menhub Budi Karya.

“Secara khusus pemudik dengan kendaraan motor menjadi perhatian karena 80% dari kecelakaan adalah motor. Kami memberikan suatu cara yang lebih baik yaitu kita naikkan kereta api kemudian motornya kita angkut dengan truk dan kapal ro-ro dengan 2 tujuan yaitu Panjang dan Semarang,” tukas Menhub Budi Karya.(helmi)

loading...