Angkasa Pura 2

Capt. Marihot Berhasil Lobby Tiga Negara Untuk Dukung Indonesia Menjadi Anggota Dewan IMO

Dermaga SDMRabu, 5 April 2017
Dewan IMO

JAKARTA (Beritatrans.com) – Plt Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Capt.Marihot berhasil melakukan pendekatan kepada negara Yaman, Belanda, Jepang dan Afrika Selatan untuk mendukung pencalonan Indonesia menjadi anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) Kategori C yang akan bersidang di akhir tahun 2017 mendatang.

Pada pertemuan tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyampaikan keinginan Indonesia untuk mencalonkan kembali sebagai anggota Dewan IMO Kategori “C” periode 2018 – 2019.

Seperti diketahui, STIP yang diwakilkan Capt.Marihot Simanjuntak (Plt.Ketua STIP) didampingi oleh DR.Antoni Arif (Puket 1), Capt.Jaja Suparman (Puket 3), Budi Purnomo (Kanit Simulator), dan Vidya Selasdini Kasubdiv Pengembangan & Kerjasama) turut serta pertemuan antara Kementerian Perhubungan dengan beberapa negara yang tergabung dalam International Maritime Organization (IMO).

Pimpinan STIP tersebut ikut aktif dalam kegiatan tersebut sebagai salah satu langkah melobby dalam rangka meminta dukungan dari negara Colombia, Yaman, Vietnam & Belanda untuk Indonesia pada sidang IMO mendatang.

Dengan menjadi anggota Dewan IMO, Indonesia akan memiliki peran yang besar dalam ikut menentukan kebijakan-kebijakan terkait dengan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan laut.

Mengingat kebijakan-kebijakan tersebut akan diputuskan oleh Dewan IMO. Pemilihan kembali anggota Dewan IMO periode 2018-2019 akan diselenggarakan pada Sidang Majelis IMO pada bulan November 2017 di London, Inggris.(hms/helmi)

loading...