Angkasa Pura 2

Pesawat Tempur F-18 Amerika Jatuh

KokpitKamis, 6 April 2017
f-18 jatuh

MARYLAND (BeritaTrans.com) – Pesawat jet tempur F-16 milik Amerika Serikat jatuh di dekat Pangkalan Gabungan Andrews di Maryland, Rabu waktu setempat (5/4).

Kecelakaan ini terjadi beberapa kilometer di luar pangkalan yang terletak di Prince George County saat menjalani misi latihan rutin.

Sang pilot berhasil melontarkan diri di “daerah tidak berpenduduk” dan dalam kondisi “OK,” kata seorang pejabat yang dikutip CNN.

Dia juga mengatakan F-16 itu adalah bagian dari Sayap Tempur ke-113 dari Garda Nasional yang ditugaskan di Pangkalan Andrew.

Pilot itu mendarat dengan aman tidak jauh dari lokasi kecelakaan dan dirawat di rumah sakit terdekat, kata pelaksana tugas Kepala Pemadam Kebbakaran Prince George County Benjamin Barksdale.

Polisi mengatakan belum ada laporan korban warga di darat atau kerusakan rumah-rumah terdekat meski pesawat itu pun jatuh di daerah hutan antara dua kawasan permukiman.

“Beruntung tidak ada nyawa yang menjadi korban hari ini,” kata Barksdale dalam konferensi pers.

Sebagian besar dari pesawat itu, termasuk sayap dan badannya, ditemukan dalam keadaan utuh setelah kecelakaan. Penyelidik pun langsung bisa mengidentifikasi pesawat itu.

Kepala Staf Angkatan Udara Jenderal David Goldfein membahas insiden ini dalam sidang di Dewan Perwakilan, Rabu pagi.

“Jika Anda mendengar suara jet menuju Capitol, kemungkinan besar itu adalah F-16 dari Sayap 113 Garda Nasional,” kata Goldfein. “Saya baru tahu bahwa kita baru kehilangan satu F-16 dan saya dengan bangga mengatakan setidaknya laporan berita menyebut pilot itu selamat.”

F-16 Fighting Falcon buatan Lockheed Martin adalah pesawat multi-peran yang didesain untuk menjalani berbagai jenis misi. Angkatan Udara AS kini mempunyai lebih dari 1.000 pesawat tersebut. (dien).

Foto: ilustrasi

loading...