Angkasa Pura 2

Kemhub Akan Ubah Adi Sumarmo Jadi Airport City

BandaraJumat, 7 April 2017
IMG-20170404-WA0037

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan merealisasikan secara bertahap Airport City di Bandara Adi Sumarmo, Solo, Jawa Tengah.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, untuk mengembangkan Airport City di Solo, salah satunya akan diperlancar dengan kereta bandara, baik di kota Solo maupun untuk menghubungkan Bandara Adi Sumarmo – Solo menuju Bandara Adi Sucipto – Yogyakarta.

ÔÇťAntara Bandara Adi Sumarmo, Solo dengan Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta hanya berjarak sekitar 50 km. Dengan demikian dua bandara tersebut sangat potensial untuk digabungkan dengan menjadikannya Airport City,” ujar Agus Santoso di Jakarta, Jumat (7/4/2017).

IMG-20170407-WA0050

Menurut Agus, Airport Train Shutlle yang menghubungkan 2 bandara tersebut meleburkan 2 bandara itu menjadi satu Airport City.

Airport City atau Kota Bandara adalah sebuah bandara yang berkembang dengan aneka macam bisnis serta kegiatan tidak hanya melayani penerbangan, namun lebih kompleks lagi menjadikan Bandara sebagai anker bisnis dilengkapi berbagai kegiatan layaknya sebuah kota. Konsep ini sungguhpun tidak didesign dari awal namun sangat mungkin dikembangkan menuju Solo Airport City.

Pembangunan Airport City di Bandara Adi Sumarmo Solo dimungkinkan karena bandara ini telah dikembangkan menjadi salah satu hub penerbangan di Indonesia. Selain itu, kota Solo juga mempunyai perkembangan yang pesat, baik dari sisi perekonomian maupun sebagai kota pariwisata.

Penerbangan dari Bandara Adi kota-kota besar di Indonesia bagian timur atau barat seperti Ambon, Kupang, Manado, Palangkaraya, Medan, Padang dapat langsung ke Solo. (aliy)