Angkasa Pura 2

Ketua Mahkamah Pelayaran Peni Pudji Turyanti Beri Kuliah Umum di PIP Makassar

SDMJumat, 7 April 2017
IMG-20170407-WA0007

MAKASSAR (Beritatrans.com) – Ketua Mahkamah Pelayaran Peni Pudji Turyanti, SH, MH memberikan kuliah umum di depan ratusan taruna-taruni PIP Makassar, Kamis (6/4/2017).

Kuliah ini diikuti taruna yang dipandu langsung oleh Direktur PIP Makassar H. Ahmad Wahid, MT, M.Mar.E dan pejabat ketarunaan lainnya. Kuliah umum mengambil tema, “Peran Mahkamah Pelayaran Terhadap Kasus Kecelakaan Transportasi Laut.”

Mengawali paparannya, Peni Pudji Turyanti menekankan pentingnya pelaksanaan atas pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan operasi, navigasi, manajemen, keselamatan dan pemeliharaan kapal secara baik dan benar oleh pelaut. Mereka bekerja mengacu pada ketentuan dan peraturan terkait dalam menghindari terjadinya kecelakaan transportasi laut.

Peni yang juga mantan Sekretaris BPSDM Perhubungan itu menguraikan banyak hal terkait tugas pokok dan fungsi Mahkamah Pelayaran. Selama ini, banyak kasus kecelakaan transportasi laut yang diusut tuntas dan diadili di Mahkamah Pelayaran dengan putusan yang berbeda-beda,

Direktur PIP Makassar Ahmad Wahid dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kemampuan dan kompetensi sebagai pelaut harus terus diasah dan ditingkatkan agar dapat menjadi pelaut yang betul-betul profesional dalam pelaksanaan tugasnya.

IMG-20170406-WA0118

Kasubag Ketarunaan dan Alumni PIP Makassar Capt. Ilham Ashari, MM, M.Mar yang turut mendampingi pada kuliah umum itu menambahkan, kuliah umum berjalan lancar dan dialogis. Banyak pertanyaan disampaikan taruna terkait kasus-kasus kecelakaan transportasi laut yang ditangani di Mahkamah Pelayaran,” jelas Capt. Ilham.

Kuliah umum dengan menghadirkan nara sumber dari luar tersebut dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pengatahuan para taruna khususnya bagi mereka yang akan segera menyelesaikan program diklatnya di Kampus Bumi Seram itu.(helmi)