Angkasa Pura 2

PIP Gandeng Mitranya Lakukan Pemberdayaan Nelayan di Kab. Rembang

Dermaga Kelautan & Perikanan SDMJumat, 7 April 2017
Capt. Syarifudin PIPsmg

SEMARANG (Beritatrans.com) – Pusat Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat (PPPM) PIP Semarang bekerjasama dengan Sekolah Vokasi UGM sebagai narasumber menyelenggarakan pendidikan dan latihan kepada nelayan di daerah Rembang, Jawa Tengah. Progra, ini merupakan bagian pemberdayaan masyarakat sampai ke tingkat bawah.

PIP Semarang juga menggandeng instansi pemerintah yaitu Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Rembang, Pelabuhan Perikanan Pantai dibawah naungan pemerintah Propinsi serta Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Rembang untuk pelaksanaan kegiatan ini.

Program ini merupakan wujud tridharma perguruan tinggi, PIP Semarang menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Penyuluhan Kepala Kamar Mesin (KKM) kapal motor nelayan dengan DWT < 30 GT untuk para nelayan di daerah Karang Harjo, Kab. Rembang, Jawa Tengah.

“Acara ini dibuka oleh Pembantu Direktur (Pudir) II PIP Semarang Syarifuddin, M.Pd, M.Mar.E dilanjutkan sambutan Bpk. Dodi Sambodo SH selaku Kanit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Rembang, dilanjutkan oleh Bpk. Sukoco yaitu Kepala Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai serta Bpk. H. Muslim yang merupakan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI),” sepeti dikutip Beritatrans.com dari akun @wisnu_pipsmg.

Dipandu oleh moderator Okvita Wahyuni, S.ST, MM acara yang dihadiri oleh 130 orang nelayan. Mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan oleh para narasumber.

Mereka menyampaikan materi antara lain Kelistrikan kapal (charging & starting) disampaikan Bpk. Harjono, ST, MT perwakilan dari Sekolah Vokasi UGM. Materi Keselamatan Kerja disampaikan oleh Bp. Adi Octavianto, ST, MM dari PIP Semarang. Sementara, untuk materi pengoperasian mesin diesel kapal dan pompa bahan bakar disampaikan oleh Bpk. Amad Narto, M.Pd, M.Mar.E dan Bp. Kundori, S. ST keduanya dosen prodi teknik dari PIP Semarang.

Terakhir materi Marine Inspector oleh Bpk. Prihatno, SH, dan untuk Ahli Ukur Kapal disampaikan Bpk. Aris Widodo, SH yang keduanya merupakan perwakilan dari Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Rembang.(helmi)