Angkasa Pura 2

Sebelum Dibangun Premium, Dermaga 6 Pelabuhan Merak Siap Layani Angkutan Lebaran

Dermaga KoridorJumat, 7 April 2017
IMG_20170407_053716

MERAK (BeritaTrans.com) – PT ASDP Indonesia Ferry berencana membangun dermaga 6 Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten menjadi premium atau ultimate. Sebelum merealisasikannya, area yang sudah ada akan siap melayani angkutan Lebaran 2017.

“Kesiapan dermaga 6 sudah 90 persen lebih dan kami optimistis dapat melayani angkutan Lebaran,” jelas Direktur Usaha Kapal La Mane saat menerima kunjungan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemhub) Pudji Hartanto dan rombongan di Pelabuhan Merak, Kamis (6/4/2017) petang.

La Mane menyebutkan, saat ini tengah dilakukan finalisasi terkait akses keluar masuk penumpang. Berkoordinasi dengan Pemda setempat mengingat ada lahan yang akan digunakan ASDP.

Dirjen Pudji mengingatkan bahwa bila masih ada kendala, secepatnya dilakukan penyelesaian agar pembangunan bisa selesai tepat waktu dan dapat melayani pemudik.

“Diharapkan dengan dibukanya dermaga 6 ini maka makin mengurai kepadatan arus penumpang, terutama pada puncak angkutan Lebaran,” kata Pudji.

Namun begitu dari sisi jumlah pemudik, lanjut Pudji, sudah diprediksikan akan meningkat hingga lima persen rata-rata untuk penumpang, sepeda motor, dan kendaraan pribadi.

“Saya sengaja meninjau lebih awal untuk memastikan persiapan dan bila ada yang harus dibenahi dapat diselesaikan sebelum dimulainya angkutan Lebaran,” ungkap dia.

La Mene menambahkan, nantinya dermaga 6 akan dibangun dengan model mirip di terminal bandara. Dengan segala fasilitas yang lengkap dan lebih premium dari layanan yang ada.

“Dari dermaga 6 ini akan dioperasikan angkutan penyeberangan premium dengan waktu tempuh hanya satu jam atau lebih cepat setengah jam dari regular,” tutur La Mane.

Uji coba sandar kapal kata dia, sudah dilakukan secara internal belum lama ini untuk memastikan kesiapannya. Targetnya pengoperasian dermaga ultimate pada 2018, dermaga 6 mampu melayani hingga kapal bertonase 20.000 GT.

Ketua Gapasdap Cabang Merak Togar Napitupulu mengemukakan, pada layanan di dermaga 6 juga akan disiapkan kapal dengan layanan mirip di pesawat.

“Kami meyakinkan bahwa kapal kami siap melayani penyeberangan dari Merak ke Bakauheni,” ujarnya. (omy)