Angkasa Pura 2

Menhub: Kedatangan CMA-CGM Titus Langkah Awal Dorong Kapal Raksasa Lain Datang Ke Indonesia

DermagaMinggu, 9 April 2017
IMG-20170409-WA0002-600x400

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kedatangan kapal kontainer ukuran raksasa (CMA-CGM) dengan kapasitas 8.500 TEUs menjadi langkah awal untuk mendorong perusahaan pelayaran lainnya dengan kapal-kapal raksasa datang ke Indonesia.

Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) saat menyaksikan kapal raksasa CMA-CGM Titus berkapasitas 8.500 TEUs dengan berat 95.367 ton serta panjang 335 meter, Minggu (9/4/2017).

Menhub menyatakan kebanggaannya ketika tiba di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT). “Ini tidak mudah, we should be proud (bangga) karena ini akan meningkatkan efisiensi,” kata Budi Karya Sumadi seperti dituturkan Manager Corporate Affairs JICT Indira Lestari.

Kapal raksasa itu sandar pada pukul 05.00 WIB Minggu pagi dan segera menyelesaikan muatannya besok dini hari.

Karyawan Operasional JICT, kata Indira, menunjukkan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik dengan menyelesaikan bongkaran kontainer dalam waktu tujuh jam.

kapal dengan nama lambung Titus London ini merupakan kapal milik perusahaan Perancis, Compagnie Maritime d’Affretement – Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) dan merupakan kapal generasi 4 yang direncanakan memiliki weekly call atau sandar mingguan di Tanjung Priok.

CMA-CGM membuka service baru yang diberi nama Java South East Asia Express Services/ Java SEA Express Services atau disingkat “JAX Services”. Service ini akan melayani rute Pelabuhan Tanjung Priok ke West Coast (LA & Oakland) Amerika Serikat. (wilam)