Angkasa Pura 2

23 Mei 2017 Pembayaran Tol Jagorawi Diintegrasikan

KoridorSenin, 10 April 2017
GT Utama Cibubur

JAKARTA (Beritatrans.com) – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan melakukan integrasi pembayaraan di jalan tol Jagorawi. Kebijakan ini akan melakukan integrasi sistem pembayaran mulai 23 Mei 2017 mendatang.

Perubahan sistem transaksi Tol Jagorawi menjadi transaksi terbuka seluruh segmen dari Cawang-Ciawi dengan tarif tunggal dengan satu kali transaksi. Kebijakan ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan dan mengurai kemacetan terutama menjelang transaksi di gerbang tol.

Ke depan, transaksi GT Cibubur Utama dan Cimanggis Utama akan dihilangkan. Selanjutnya, integrasi pembayaran mulai diberlalukan pada tanggal 23 Mei 2017. masih ada waktu lebih dari satu bulan untuk mempersipkan dan sosialisasi kepada pengguna jalan tol.

“Direncanakan tanggal 23 Mei, (Gerbang Tol) Cibubur dan Cimanggis, itu juga akan kita release (tiadakan). Karena waktu yang kita buang di sana, semua diharuskan berhenti dari 30 menit bahkan sampai 1 jam,” Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna saat ditemui di Jakarta, Senin (10/4/2017).

Pengguna dari arah Jakarta ke Ciawi nantinya akan melakukan transaksi di off ramp (pintu keluar). Sedangkan pengguna jalan tol arah Ciawi ke Jakarta melakukan transaksi pada on ramp (gerbang masuk tol).

Pengguna jalan tol arah SS Taman Mini-Ciawi melakukan transaksi pada off-ramp pay. Pengguna jalan tol arah Ciawi-Jakarta melakukan transaksi pada off-ramp.

Meski belum mau menyebutkan nominalnya, Herry mengatakan, bakal ada penyesuaian tarif juga pada perubahan sistem transaksi yang terintegrasi ini. Konsepnya pun sama dengan tol Jakarta-Tangerang-Merak, di mana tarif akan dibuat jauh-dekat sama.

“Akan ada penyesuaian tarif juga. Seperti ini, karena sistemnya terbuka, jadi nanti dihitung, mestinya yang jarak jauh akan turun (tarifnya), yang dekat akan naik,” tutur dia seperti dikutip laman detik.com.

“Akan ada gardu tol tambahan juga. Sehingga yang harus kita lakukan hari ini, agar tidak terjadi pengalaman serupa, gardu-gardu ini harus segera diselesaikan pembangunannya. Targetnya pas 23 Mei nanti harus sudah (rampung),” pungkasnya.(zal)