Angkasa Pura 2

Angkut 38 Penumpang, Kapal Gembira 5 Kandas Di Batam

DermagaSenin, 10 April 2017
gembira5

TANJUNGPINANG (BeritaTrans.com) – Kapal Gembira 5 tujuan Batam tujuan Tanjungpinang‎ kandas di perairan pulau Ngenang, Nongsa, Batam, Kepulauan Riau.

Seluruh penumpang yang berjumlah 38 orang dievakuasi pukul 13,00 WIB, Minggu (9/4).

Kepala Pos Pelabuhan SBP Tanjungpinang Sutoyo membenarkan adanya kapal penumpang yang kandas dari Batam menuju Tanjungpinang.

Dari informasi yang diterimanya, kapal tersebut kandas lantaran arus laut surut. Diduga nahkoda kapal pun t‎eledor karena tidak dapat memperkirakan kedangkalan air laut yang tengah surut.

“Tadi itu karena air laut tengah surut. Kapal yang melewati rute itu langsung kandas. Tapi semua aman tidak ada korban jiwa sehat sampai tujuan ke Tanjungpinang,” kata Sutoyo kepala Pos syahbandar Sri Bintan Pura (SPB) Tanjungpinang, Minggu (9/4).

Syahbandar pun langsung memerintahkan kapal Marina Ekspres untuk melakukan evakuasi para penumpang. Satu persatu penumpang dioper ke kapal Marina untuk melanjutkan perjalanan ke‎ Tanjungpinang.

“Jadi kapal itu baru jalan sekitar 15 menitlah. Setelah itu kandas,” kata Sutoyo.

Salah seorang penumpang, Handri, saat ditemui usai turun dari kapal menuturkan kandasnya kapal tidak terlalu mengejutkan para penumpang. Namun tidak sedikit juga penumpang yang merasa kecewa dengan pengelola kapal yang dianggap kurang profesional.

“Ya dah tau surut, masa masih saja diterjang. Memang gak tau ya kalau di rute yang dilintasi itu dangkal. Kan kapal punya GPS. Punya Alat kontrol mengukur kedangkalan air laut,” kata Handri dengan nada kecewa.

Ia tetap memaklumi kondisi tersebut. Karena bisa saja terjadi human eror pengemudi kapal.‎”Awalnya tak ada masalah. Di tengah jalan baru 15 menitlah baru kandas. Tapi aman-aman saja kok,” tambahnya.

Menurutnya penumpang sempat panik karena terombang-ambing di tengah laut dan kawatir terjadi hal yang tidak diinginkan. (via).