Angkasa Pura 2

Inilah Upaya Mitigasi Indonesia dalam Mengurangi Emisi Penerbangan

Bandara KokpitSenin, 10 April 2017
IMG-20170410-WA0018

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan cq Ditjen Perhubungan Udara menurut Dirjen Agus Santoso melakukan langkah-langkah dan mewujudkan penurunan emisi gas buang pada penerbangan.

“Upaya mitigasi yang telah dilakukan Indonesia, diantaranya penyusunan kebijakan, prosedur, dan pengembangan SDM (sumber daya manusia),” jelas Agus di Jakarta, Senin (10/4/2017).

Selanjutnya adalah pelaksanaan efisiensi prosedur operasional pesawat udara. Pemanfaatan bahan bakar terbarukan untuk pesawat udara dan energi terbarukan di bandara dengan target penggunaan bahan bakar ramah lingkungan sebesar 2% pada akhir tahun 2016.

“Penggunaan armada pesawat yang lebih baru dan ramah lingkungan juga menjadi langkah mitigasi Indonesia,” ujar Agus.

Langkah lainnya adalah peningkatan Air Traffic Management dengan Performance Based Navigation (PBN). Implementasi bandara ramah lingkungan dan penyiapan infrastruktur implementasi market-based measures.

Pihaknya juga melancarkan Action Plans dan pelaporan secara sukarela untuk menginformasikan kegiatan/aksi mereka dalam rangka menurunkan emisi CO2 di sektor penerbangan internasional. (omy)