Angkasa Pura 2

Pramugari Lion Air Bantu Penumpang Melahirkan di Pesawat JT 972 Saat Boarding

Bandara KokpitSenin, 10 April 2017
IMG20170306085925

IMG-20170410-WA0028

BATAM (BeritaTrans.com) – Kisah heroik kembali terjadi di dunia penerbangan Indonesia. Kali ini ditunjukkan pramugari maskapai Lion Air yang membantu persalinan salah seorang penumpan saat posisi sedang boarding untuk rute Medan-Batam-Surabaya JT 972.

Adalah Putri Norma Yulianawati, salah seorang pramugari senior Lion Air yang berhasil menyelamatkan ibu dan bayi setelah membantu melahirkan di pesawat di Bandara Hang Nadim, Sabtu (8/4/2017).

“Pramugari yang bertugas di bagian depan itu segera menghampiri penumpang yang akan bersalin dan menginformasikan kepada Pilot in Charge serta memberikan informasi ke petugas ground staff untuk menghentikan proses boarding,” urai Manager Public Relation Lion Air Group Andy M. Saladin kepada BeritaTrans.com, Senin (10/4/2017).

Setelah itu menurut Andy, Putri memanggil tenaga medis via radio pesawat, serta memberikan announcement kepada penumpang yang sudah on board untuk kembali turun.

“Sesuai SOP, Putri juga melakukan announcement kepada penumpang untuk meminta bantuan “need a doctor untuk membantu proses persalinan,” tutur Andy.

Setelah semua penumpang turun, Putri segera melakukan proses persalinan dengan dibekali SEP (Safety Emergency Procedure) yang di dalamnya terdapat materi mengenai Child Birth sebagai panduan, yang juga dibantu oleh satu orang penumpang.

Setelah proses persalinan di dalam kabin pesawat tersebut selesai, penumpang yang melahirkan beserta bayinya segera dilarikan ke rumah sakit terdekat oleh tenaga medis.

“Ibu dan bayinya dikabarkan dalam kondisi normal dan sehat,” ungkap Andy

Diakuinya, peristiwa ini cukup mengejutkan, karena petugas ground staff pada saat itu tidak mendapatkan informasi atau laporan dari penumpang yang akan melakukan penerbangan dalam kondisi kandungan berusia ‘tua’.

“Ground staff kami telah bekerja sesuai SOP yaitu menanyakan apakah penumpang dalam kondisi hamil atau tidak namun pada saat itu penumpang mengatakan tidak dalam keadaan hamil,” ujar Andy.

Kesigapan dan ketrampilan, serta keberanian Putri dalam membantu proses persalinan patut diapresiasi setinggi tingginya.

“Kami mengimbau kepada para penumpang untuk lebih peduli dengan kondisi kesehatannya sebelum melakukan perjalanannya dan agar melaporkan apabila dalam kondisi hamil untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan,” Andy. (omy)