Angkasa Pura 2

Tim Saber Pungli Nasional Terima 230 Laporan Dugaan Pungli Sektor Hubdat

KoridorKamis, 13 April 2017
IMG_20170413_095916

IMG20170413092557

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Tim Sapu Bersih (saber) Pungutan Liar (pungli) nasional menerima 230 laporan dugaan pungli sektor Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemhub) sejak Oktober 2016.

Menurut Ketua Pokja Saber Pungli Nasional Asep Kurnia, dari total laporan, terbagi dalam tiga kategori layanan.

“Pertama terkait jasa pelabujan penyeberangam lintas dalam negeri. Lalu jasa pengujian kendaraan bermotor, dan jasa angkutan jalan,” jelas Asep dalam Rakornis Ditjen Perhubungan Darat di Jakarta, Kamis (13/4/2017).

Menurut Asep, setiap tiga bulan sekali, pihaknya berkewajiban untuk melaporkan ke Presiden laporan-laporan yang diterima terkait dugaan pungli di seluruh sektor.

“Untuk itu mari sama-sama gelorakan memberantas pungli,” ungkap Asep.

Dengan sama-sama komitmen lakukan pemberantasan pungli, maka dapat mewujudkan Indonesia lebih baik lagi dan lebih bersih.

Dia memberi contoh bahwa jangan meremehkan hal-hal yang kecil, seperti transferan walaupun hanya 500-600 ribu misalnya, tetap saja berpotensi sebagai dugaan pungli.

Layanan yang bisa berpotensi pungli untuk transportasi darat, kata Asep diantaranya layanan jembatan timbang, terminal, dan angkutan penyeberangan.

Sesditjen Perhubungan Darat Hindro Surahmat sebagai moderator juga mengajak seluruh jajarannya untuk menghindari pungli.

“Mari jadikan perhatian, jangan sampai terjadi pungli di lingkungan Perhubungan Darat,” kata Hindro. (omy)