Angkasa Pura 2

Sistem Genap Ganjil Angkutan Lebaran Masih Dikaji Pemerintah

KoridorJumat, 14 April 2017
IMG_20170414_134203

JAKARTA (beritatrans.com) – Rencana pemerintah menerapkan sistem genap dan ganjil selama masa angkutan Lebaran 2017 masih terus dikaji kelayakannya.

“Rencana itu (genap dan ganjil) masih terus kita kaji manfaat dan dampaknya terhadap masyarakat, terutama para pemudik lebaran,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan angkutan lebaran 2017 di Stasiun Kereta Api Senen, Jakarta, Jumat (14/4/2017).

Menhub Budi mengatakan, hingga saat ini pemerintah belum memutuskan apa pun terkait rencana tersebut. Pemerintah masih mencari masukan dan tanggapan dari berbagai pihak, termasuk masukan dari masyarakat.

“Bila setelah dibahas dan dikaji kemudian masyarakat menerima, maka rencana tersebut diberlakukan. Tetapi bila masyarakat keberatan, tentunya pemerintah tidak bisa memaksakan,” kata Menhub.

“Apalagi lebaran kan tidak lama lagi. Sedangkan setiap aturan itu perlu pembahasan dan sosialisasi yang cukup terlebih dahulu sebelum diberlakukan,” sambung Menhub.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah mewacanakan untuk memberlakukan sistem ganjil genap terhadap kendaraan yang beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2017 mendatang. Kebijakan itu bertujuan untuk mengurangi kemacetan di jalan raya yang selama ini kerap terjadi ketika menjelang lebaran. (aliy)

loading...