Angkasa Pura 2

Menhub: Pemerintah Akan Bangun Angkutan Petikmas Melalui CBL

Bandara KoridorSabtu, 15 April 2017
IMG-20170415-WA0091

JAKARTA (Beritatrans.com) -  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pemerintah dalam membangun jalur sungai Cibitung Bekasi Laut (CBL) untuk angkutan petikemas dari kawasan industri ke Pelahuhan Tanjung Priok.

“Nanti akan dibangun jalur sungai CBL untuk angkutan petikemas dari daerah industri di Cibitung, Bekasi dan sekitarnya dengan kapal tongkang melalui sungai CBL,”  kata  Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta,  Sabtu (15/4/2017).

Dengan angkutan kapal tongkang, sekali angkut bisa membawa 100 petikemas. Jumlah itu praktis akan mengurangi  beban di jalan raya serta dampak yang ditimbulkan terutama kemacetan lalu lintas.

“Dengan kapal tongkang tersebut, tentu akan lebih efektif  dan efisien. Soal harga pun tentu akan lebih murah karena kapasitasnya lebih besar juga,” jelas Menhub lagi.

IMG-20170415-WA0090

Dia berharap, pembangunan jalur CBL sepanjang 34 Km itu diharapkan bisa dilaksanakan secepatnya.  “Kalau proses perizinan sudah selesai diharapkan bisa dilakukan secepatnya,” harap Menhub Budi Karya.

Rencana pembangunan angkutan sungai CBL, tambah Menhub, diharapkan menjadi alternatif angkutan petikemas dari menuju  Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan sekitarnya.

“Dengan makin banyak alternatif angkutan ke Pelabuhan Tanjung Priok dihatapkan pelayanan makin baik dan harga bersaing. Selanjutnya bisa mendorong peningkatan daya saing nasional,” tegas  Menhub Budi Karya.(helmi)