Angkasa Pura 2

Pelabuhan Bitung Bakal Jadi Hub Asia-Pasifik

DermagaSabtu, 15 April 2017
PHTO0998.JPG

MAKASSAR (BeritaTrans.com) – Pelabuhan Makassar terancam kalah bersaing dengan Bitung. Salah satu penyebabnya adalah posisi Bitung lebih strategis.

Ketua Dewan Pemakai Jasa Angkutan Laut Indonesia (Depalindo) Sulsel, Zainuddin Djalil, menjelaskan, jika pelabuhan di Bitung jadi hub pelabuhan internasional, maka dipastikan akan menjadi sentra perdagangan Asia-Pasifik.

Zainuddin bilang, Bitung juga akan menjadi simpul kegiatan ekspor. Pelabuhan Makassar terancam kalah bersaing.

“Bitung akan menjadi pelabuhan singgah untuk komoditas di wilayah timur,” ujar Zainuddin, seperto dikutip fajaronline, Jumat, 14 April.

Kapal yang mengangkut komoditas ekspor dari Papua dan Maluku yang selama ini ke Makassar, sudah dipastikan mengalihkan pelayarannya ke Pelabuhan di Bitung. Tidak hanya Bitung, tetapi pelabuhan di Kalimantan juga disiapkan sebagai pelabuhan ekspor.

Jika keduanya dijadikan pelabuhan ekspor, tentu akan kurang muatan di Makassar. “Program Direct Call pasti macet lagi, padahal Makassar ditetapkan pelabuhan utama di kawasan timur indonesia (KTI),” beber Zainuddin.

Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Doso Agung, menjelaskan, Pelabuhan Makassar tidak akan terganggu pasarnya oleh Bitung, lantaran masing-masing punya potensi pasar sendiri.

Doso mengakui, secara geografis Pelabuhan Makassar memang kalah dari Bitung, sebab barang dari Papua, Maluku, dan Gorontalo, justru lebih esifien jika ke Bitung.

“Jika ke Makassar, justru lebih jauh, ini akan memakan biaya besar. Akan tetapi, Makassar juga punya pasar sendiri,” katanya.
Humas PT Pelindo IV, Anna Maryani, menambahkan, khusus barang dari Pelabuhan Makassar pangsa pasarnya tujuan Bangkok dan Tiongkok, sementara Bitung menuju Davao, Filipina.

Menurut Anna, kedua pelabuhan ini memiliki keunggulan, sehingga diyakini tidak akan mengganggu pasar masing-masing. “Jadi saling menguatkan dan efisiensi perjalanan barang,” tambahnya. (fia).

Foto: sulutdaily.com

loading...