Angkasa Pura 2

Menpar Puji AP II: Lulus dengan Cum Laude!

BandaraSelasa, 18 April 2017
IMG-20170418-WA0011

IMG-20170418-WA0013

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan apresiasi dengan memuji pengelola 13 bandara PT Angkasa Pura (AP) II atas rencana kerja dan implementasi “Indonesia Incorporated”.

Paparan Presiden Direktur AP II pun menerima dua acungan jempol Menpar sembari menyebutkan, “lulus dengan cum laude!”

Ya, peristiwa itu terjadi saat Menpar melakukan roadshow ke maskapai dan pengelola bandara dalam rangka mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia dan wisatawan nusantara, di Tangerang, Senin (17/4/2017).

“Presentasinya bagus. Dari corporate level, bisnis level strategi, hingga fungsional level, sempurna. Dari sisi operasional, strategi marketing dan implementasinya excellent,” puji Menpar.

Menurutnya, AP II sebagai airport operator memberikan keringanan landing fee dan membantu promosi free melalui semua media ruang dan luar ruang di bandara. Kemenpar juga akan membantu joint promotion untuk mendapatkan load factor yang makin banyak. Airlines juga terbang dari Originasi baru dan atau Destinasi baru.

Menpar menggambarkan, umumnya usaha penerbangan dengan membuka rute baru itu mengalami proses sulit. Berdarah-darah dulu. Karena itu ada masa inkubasi, tidak langsung memperoleh 100% load factor.

“Saya setuju dengan pola insentif yang digagas AP II kepada airlines yang mau membuka jalur baru itu,” ungkap Menpar.

Awaludin mengatakan, AP II akan memberikan kemudahan dan insentif kepada maskapai yang membuka rute baru dan melakukan RON atau parkir inap pesawat tidak lagi di Bandara Soekarno Hatta. Melainkan diarahkan ke kota lain di bawah AP II.

“Masa sih, pada sekitar pukul lima sore mereka sudah RON. Bagaimana caranya saya bisa masukan traffic pessenger baru? Kita akan berikan insentif kepada maskapai yang melakukan RON tidak di bandara Soetta dan Halim Perdanakusumah,” tutur Awaluddin. (omy)