Angkasa Pura 2

Wow, Menpar Roadshow ke Maskapai Demi Peningkatan Jumlah Wisatawan Mancanegara

Bandara Destinasi KokpitSelasa, 18 April 2017
IMG-20170418-WA0008

IMG-20170418-WA0001

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Tak berhenti berupaya, Menteri Pariwisata Arief Yahya ‘rela’ roadshow ke beberapa maskapai. Tepatnya kemarin (17/4/2017) didampingi jajarannya, mantan CEO Telkom itu menyambangi kantor maskapai Garuda Indonesia, AirAsia dan Sriwijaya Air serta pengelola bandara Soekarno Hatta PT Angkasa Pura II.

Kepada Sriwijaya Air, Menpar mendorong pengembangan maskapai dengan layanan medium itu untuk merealisasikan penerbangan langsung ke Cina.

“Dan harus menuju regular flight, tidak lagi chartered flight,” kata Menpar yang diterima CEO Sriwijaya Air Chandra Lie dan jajarannya.

Sedangkan dari AirAsia, Menpar memeroleh kepastian adanya dukungan dua penerbangan internasional dalam waktu dekat.

“Air Asia bulan depan akan terbang ke India, lalu ke China,” ucap Menpar yang diterima langsung oleh Presdir AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan.

Menpar menyadari betul bahwa air transport infrastructure, ground and port infrastructure, tourist service infrastructure adalah point yang menentukan daya saing pariwisata Indonesia.

Indeks itu dinilai oleh World Economic Forum (WEF) Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI). Target peningkatan jumlah wisatawan mancanegara pun optimistis dapat diraih.

IMG-20170418-WA0015

Sedangkan saat berada di kantor AP II, usai mendengarkan paparan Dirut M. Awaluddin, Menpar berharap, dari rencana besar AP II itu, akan ada perubahan yang signifikan dari pergerakan wisman tahun ini.

“Kita akan meng-attract 100 juta penumpang tahun ini. 80% domestik dan kita harapkan sekitar 20%-nya itu wisman, karena target kita untuk Wisman butuh 4 juta seats untuk tahun ini. Sehingga total menjadi 15 juta wisman,” ujar Menpar. (omy)