Angkasa Pura 2

Jelang Lebaran Operator Ro-Ro Priok-Panjang Berencana Tambah Trip

DermagaRabu, 19 April 2017
IMG_20170419_170237

IMG_20170419_170254

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Operator kapal Ro-Ro rute Pelabuhan Tanjung Priok-Panjang, Lampung PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) berencana menambah jumlah pelayaran menjelang angkutan Lebaran.

“Saat ini pelayaran tiga kali dari Jakarta dan tiga kali dari Lampung dengan empat kapal,” ungkap Direktur Komersial ALP Asep Suparman di Pelabuhan Tanjung Priok Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), Rabu (19/4/2017).

Disebutkan Asep, satu kapal mampu menampung 126 truk besar dan lebih dari 50 kendaraan kecil.

“Hingga saat ini tingkat keterisian terus meningkat. Dari sebelumnya rata-rata 25 persen, kini sudah mencapai rata-rata 65 persen,” tuturnya.

Dia juga berharap agar pertumbuhannya terus meningkat. Pelayaran Ro-Ro menurut Asep sebagai bagian dari dukungan pemerintah dalam menekan disparitas harga barang melalui tol laut.

Peningkatan jumlah pengguna, diakui Asep karena banyaknya benefit yang diterima. Seperti sisi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan.

Selain itu juga dari sisi pengusaha, mereka diuntungkan karena dapat menekan biaya perawatan dan menambah usia kendaraan.

“Pengusaha merasa biaya penggantian ban dan sparepart kendaraan semakin berkurang, sehingga berdampak pada usia operasional kendaraan,” urai Asep.

Dari sisi tarif juga, dikatakan Asep hanya 20 persen lebih tinggi dari penyeberangan Merak-Bakauheni yang berjarak 15 mil. (omy)