Angkasa Pura 2

Jalan Cacing Kembali Macet Parah Dibahas Dalam Rapat Koordinasi

KoridorKamis, 20 April 2017
cacing-600x400

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Jalan Cakung-Cilincing (Cacing) , yang merupakan jalur utama bagi angkutan barang dari Cakung- Tanjung Priok, Kamis (20/4/2017) macet total dari pagi hingga sore hari.

Penyebab kemacetan tetap seperti dulu akibat puluhan bahkan ratusan trailer mau masuk ke sekitar 6-7 unit Depo (tempat kontainer kosong) di sepanjang Jl Cacing antri di pinggir jalan.

Trailer antri di pinggir jalan sebelum bisa masuk Depo untuk
mengantarkan kontainer kosong eks impor mau pun mengambil kontainer kosong untuk ekspor.

Kemacetan Jalan Cacing yang terus berulang ini sempat dibahas dalam rapat koordinasi di Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara, Kamis pagi.

Maradang Rasyid, pengurus Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo ) DKI yang ikut dalam rapat mengatakan Kasudinhub Jakut Benhard minta kepada Badan Pelayanan Transportasi Satu Pintu (BPTSP) DKI agar menambah persyaratan
bagi usaha Depo untuk menghindari kemacetan.

Persyaratan tersebut yaitu harus buka selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu (247) untuk menyesuaikan dengan operasional di Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain itu Depo harus memiliki lahan Buffer (penyangga) tempat trailer menunggu giliran mengambil / menyerahkan kontainer kosong.

Diharapkan jika Depo buka 24 jam tidak ada lagi trailer antri di pinggir jalan karena jam berapa pun datang ke Depo ada pelayanan. Bila masih ada trailer belum dilayani bisa menunggu di lahan Buffer bukan antri di jalanan.

Rasyid mengatakan untuk mempercepat pelaksaaan syarat tambahan itu perlu rekomendasi dari Kepala Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Priok.

Rapat koordinasi yang diselenggarakan Sudinhub Jakut dihadiri Kasudinhub Jakut, Ka BPTSP Pemda DKI, Kabid Angkutan Jalan Dishub, Kasudin Cipta Karya Tata Ruang Jakut, Sudin Bina Marga, Kopaba dan Aptrindo. Sementara Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (Asdeki) tidak hadir. (wilam)