Angkasa Pura 2

Penumpang Angkutan Laut Mudik Lebaran Diprediksi Naik 3 persen

DermagaKamis, 20 April 2017
IMG_20170419_174056

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) memprediksi kenaikan jumlah pengguna angkutan kapal laut pada mudik Lebaran 2017 mencapai 3 persen. Tahun lalu realisasi sebesar 930 ribu dan tahun ini 960 ribu penumpang.

Diakui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, moda laut masih sedikit peminatnya, disebabkan moda angkutan lain mengalami peningkatan pelayanan cukup signifikan, sehingga lebih menarik minat pengguna jasa.

“Prediksi kami masih kecil peningkatannya, ada pilihan moda lain dengan pelayanan lebih cepat sampai tujuan seperti pesawat dan kereta,” katanya, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara Rabu (19/4/2017).

Namun begitu, pihaknya tetap akan mengoptimalkan angkutan laut mudik Lebaran 2017 dengan memanfaatkan operasional kapal besar.

“Saya minta, masyarakat memecah konsentrasi penggunaan angkutan Lebaran. Diharapkan tidak semua menumpuk pada penggunaan angkutan darat atau kendaraan pribadi, karena akan ada mekanisme pembatasan operasional jalan tol saat sudah terjadi kepadatan. Banyak moda disiapkan, jangan hanya terfokus di darat. Laut masih banyak belum terserap,” imbuhnya. (omy)