Angkasa Pura 2

Jembatan Timbang Resmi Beroperasi Kembali

KoridorJumat, 21 April 2017
IMG-20170421-WA0052

TUBAN (BeritaTrans.com) – Setelah melewati berbagai proses pasca pengalihan wewenang jembatan timbang dari daerah ke pusat, hari ini (21/4/2017) ditandai pemotongan pita sebanyak 25 Jembatan Timbang resmi beroperasi kembali.

“Peresmian Pengoperasian 25 Unit Jembatan Timbang ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan transportasi darat kepada masyarakat, khususnya terkait keselamatan, keamanan dan pelayanan transportasi darat,” jelas Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto di Jembatan Timbang Widang, Tuban, Jawa Timur.

Menurut Pudji, sesuai dengan Menteri Perhubungan, acara ini jangan sampai hanya sekadar seremoni belaka, namun juga agar ada perubahan fundamental dalam pelaksanaannya.

“Termasuk di dalamnya operasional, penindakan dan penegakan hukum terhadap angkutan barang,” ucap Pudji.

Dalam pengoperasian Jembatan Timbang harus terwujud semangat good government dan clean government. Untuk mewujudkannya didasari niat mau berubah ke arah positif.

“Tidak ada lagi pungli di Jembatan Timbang,” tegas Pudji.

Sebelum dilakukan peresmian, dikatakan Pudji, Kemhub telah mengadakan MOU dengan Polri dan Kementrian PU-PERA guna mendukung pelaksanaan operasional jembatan seluruh Indonesia.

“Dengan adanya kerja sama tiga instansi pemerintahan ini, diharapkan bantuan pengamanan, bantuan penegakan hukum, pemberian motivasi bagi petugas pelaksana, bantuan penyediaan prasarana jalan, bantuan penyediaan lahan untuk mendukung operasional Jembatan Timbang dapat mengurangi beban jalan raya, yang pada akhirnya dapat meminimalisir angka kecelakaan di jalan raya,” kata Pudji. (omy)