Angkasa Pura 2

BPTJ Target Bus Laik Jalan pada Angkutan Lebaran 2017 Meningkat

KoridorSenin, 24 April 2017
IMG_20170314_175559

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menjelang persiapan angkutan lebaran (angleb) 2017, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menargetkan tahun 2017, laik jalan angkutan umum menjadi 53% atau meningkat hingga delapan persen dibanding kondisi tahun 2016.

“Semoga angleb tahu ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya,” tutur Direktur Lalu Lintas dan Angkutan BPTJ Carlo Manik dalam keterangan tertulis, Senin (24/4/2017).

Menurutnya, kita harus dapat memberi kepastian bahwa sarana angkutan umum berupa Bus AKAP yang digunakan sebagai angleb, secara teknis memenuhi persyaratan keselamatan dan laik jalan.

Selain melakukan uji kelaikan, menurut Carlo, BPTJ juga akan menerapkan sterilisasi terminal bantuan atau pengoperasian terminal angleb 2017, untuk mengakomodir peningkatan jumlah penumpang.

Sterilisasi terminal ini dimaksudkan agar pengoperasian terminal harus sesuai fungsinya. Becak, motor, kendaraan pribadi dan lainnya harus dicegah agar tidak masuk ke jalur bus. Bus yang beroperasi pun perlu dipastikan sesuai dengan kartu pengawasannya.

“Kami juga menginstruksikan operator agar mengoperasikan angkutan malam hari melalui Surat dari Pemerintah Daerah di wilayah Jabodetabek,” imbuh Carlo.

BPTJ juga menaruh perhatian besar terhadap kemungkinan besar terjadinya titik kemacetan di gerbang tol Ciawi dan gerbang tol Cikarang Utama.

“Untuk itu, kami akan berkoordinasi secara terpadu, baik melalui posko pusat maupun di lapangan,” tutup Carlo. (omy)