Angkasa Pura 2

Pastikan Kelaikan Angkutan Lebaran, BPTJ Gelar Ramp Check

KoridorSenin, 24 April 2017
IMG20170125131601

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemhub) segera menggelar ramp check kelaikan armada angkutan lebaran bus antar kota antar provinsi (AKAP) jelang Angkutan Lebaran (Angleb) 2017.

Ramp check ini akan diterapkan bagi semua bus yang akan digunakan untuk angleb yang bertujuan memastikan seluruh armada aman dan juga nyaman digunakan.

Sebelumnya, telah dilaksanakan Rapat koordinasi persiapan Angkutan Lebaran 2017 (1438H) pada Jumat (21/4/2017) dipimpin Direktur Lalu Lintas dan Angkutan BPTJ Carlo Manik dan dihadiri oleh perwakilan dari Ditjen Perhubungan Darat, Ditjen Perkeretaapian, Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan, Badan Litbang, Korlantas, dan Dinas Perhubungan se-Jabodetabek.

Rapat koordinasi persiapan angleb ini menurut Carlo, merupakan salah satu wujud tanggung jawab pemerintah untuk mempersiapkan angleb sebaik-baiknya.

“Persiapan angleb BPTJ akan dimulai 15 Juni (H-10) hingga 3 Juli 2017 (H+7),” ujar Carlo dalam keterangan resmi yang diterima BeritaTrans.com, Senin (24/4/2017).

Dikatakannya,ramp check dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui dengan pasti kesiapan dan kelaikan bus AKAP di seluruh terminal keberangkatan, demi keselamatan dan kenyamanan penumpang.

“Dititikberatkannya pada pemeriksaan kelaikan sarana serta pemeriksaan kesehatan pengemudi,” tutur dia.

Pelaksanaannya, lanjut dia dilakukan dengan model sensus di terminal-terminal tipe A di Jabodetabek pada masa angleb. Seperti Terminal Pulogebang dan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. (omy)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari
Pengusaha tol yang tergabung dalam Asosiasi Tol Indonesia (ATI) sepakat memberikan diskon tarif tol pada masa mudik Lebaran 2019. Diskon itu diberikan selama enam hari di semua ruas tol se-Indonesia. Demikian disampaikan Anggota Pengurus Bidang Kebijakan Investasi ATI, Herwidiakto. Hanya saja, secara teknis penerapan diskon itu, pihaknya masih dalam tahap finalisasi pembahasan. “Masih dibahas di ATI, belum bulat. Infonya Senin [27/5/2019) diumumkan. Kalau harinya sepakat di enam hari,” ungkapnya ketika dihubungi, Kamis (23/5/2019). “Disepakati merata semua ruas [dapat diskon tarif]. Besarannya tunggu [pengumuman resmi] dari ATI, biar valid,” lanjut pria yang juga menjabat Direktur Utama Waskita Toll Road itu. Baca: Catat! Transaksi di GT Cikarang Utama Tol Japek Sudah Digeser Terpisah, Ketua Umum ATI, Desi Arryani, menegaskan bahwa kebijakan diskon ini masih didiskusikan. Dia mengatakan, diskusi ini melibatkan semua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di lingkungan ATI. “Jadi belum final, belum ada keputusan. Kita sih berharap semua bersedia ya, namanya partisipasi untuk Lebaran,” kata Desi belum lama ini. Perempuan yang juga menjabat Direktur Utama Jasa Marga itu mengaku telah berkomunikasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. Dikatakan, dalam hal ini Basuki menyerahkan semua keputusan kepada ATI. “Arahannya Pak Menteri, ATI agar mengajukan usulan. [...] Kan beberapa pelaku tol sebenarnya nggak terlalu banyak punya ruas. Yang banyak punya ruas kan sebenarnya Jasa Marga, Waskita, Astra itu aja. Jadi ini masih kita komunikasikan,” pungkasnya.
KoridorKamis, 23 Mei 2019