Angkasa Pura 2

Arumba Band STIP Tampil Apik Di Depan Kepala BPSDM Perhubungan

SDMRabu, 26 April 2017
Arumba3

JAKARTA (Beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) dengan kegiatan yang bernuansa seni dan budaya. Kini, sekolah pelaut itu mempunyai Arumba Band, kesenian khas Sunda yang banyak menggunakan alat musik dari bambu.

“Arumba Band berpusat di Pusbintar STIP Jakarta. Disini ada fasilitas studio lengkap dengan berbagai peralatan musik, seperti band, angklung, kulingtang dan lainnya,” kata Pembantu Ketua (Puket) III STIP Capt. Jaja Suparman, MM dalam perbinbcangan dengan Beritatrans.com di Jakarta, Selasa (25/4/2017).

Semua peralatan khas Sunda ini khusus didatangkan dari Bandung, Jawa Barat. “STIP kini mempunyai tiga set Angklung atau tiga oktav yang ditempatkan di Studio Musik STIP. Nanti akan ada pelatih profesional yang siap melatih para taruna bermain Angklung ini,” kata Capt. Jaja.

Namun begitu, lanjut dia, fasilitas band modern juga ada dan disiapkan di studio musik ini. Selain itu, satu set Gamelan Jawa juga disiapkan di kamous pelaut ini. STIP ke depan akan mengembangkan kesenian Karawitan. Bisa mengembangkan kesenan Jawa atau Sunda, karena keduanya hampir sama.

Arumba1

“Taruna STIP bisa memilih, mau bermain musik ada. Yang kesenian tradisional atau seni modern ada semua. Fokus STIP Jakarta ke depan, adalah mengembangkan nuasa seni dan budaya di kalangan taruna. Selain itu, kesenian ini harus bisa menghilangkan kebiasaan dan budaya kekerasan di dalam kamus STIP Jakarta,” terang Capt. Jaja.

Dalam penampilan perdana Arumba Band saat kunjungan Kepala BPSDM Perhubungan Dr.Ir. Joko Sasono, tim kesenian STIP itu sudah mampu mengolaborasikan antara seni tradisional dengan band modern. Taruna yang tampil di Arymba Band juga gabungan dari berbagai tingkatan dan prodi yang ada di STIP Jakarta.

Sementara, lagu-lagu yang didendangkan juga beragam baik lagi klasik atau moden bahkan lagu-lagu Barat yang disajikan saat istirahat di Pusbinbtar STIP Jakarta.(helmi)

Arumba2