Angkasa Pura 2

Kemandirian Maritim Dimulai dari Program Tol Laut

DermagaRabu, 26 April 2017
FB_IMG_1493201708037

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencatat, kemandirian maritim Indonesia dimulai dari program tol laut yang saat ini telah memasuki tahun ketiganya.

Pelaksanaan Tol Laut menurut Dirjen Perhubungan Laut A Tonny Budiono, sedikit banyak telah memberikan kontribusi dan manfaat, khususnya dalam menekan angka disparitas harga serta meningkatkan pemerataan ekonomi.

“Tol Laut menjadi tonggak baru menekan disparitas harga yang terjadi selama ini antara wilayah barat Indonesia dengan wilayah timur Indonesia,” ujar Tonny di Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Tonny mengungkapkan bahwa pelaksanaan Tol Laut didukung sistem distribusi dan konsolidasi barang yang ditandai dengan dioperasikannya 13 trayek pada tahun 2017.

“Sebanyak enam trayek dilayani PT. Pelni melalui penugasan, dan tujuh trayek oleh perusahaan angkutan laut swasta melalui skema pelelangan umum,” katanya.

Guna lebih mengefektifkan program Tol Laut, Kemhub bekerjasama dengan Kementerian BUMN telah menggagas pembangunan pusat logistik di wilayah jalur tol laut yang dinamakan “Rumah Kita.

“Hadirnya tol laut di tengah-tengah masyarakat akan semakin menjamin ketersediaan barang melalui angkutan barang yang terjadwal, sehingga akan semakin meningkatkan kemandirian bangsa Indonesia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya yang berada di wilayah timur Indonesia ditambah lagi dengan dukungan rumah kita,” urai Tonny. (omy)

loading...