Angkasa Pura 2

Masyarakat Cenderung Memilih Bus Pariwisata yang Murah

Destinasi Koridor SDMRabu, 26 April 2017
Bus Pariwisata

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kondisi lain yang tak kalah serius dan sering memicu terjadinya kecelakaan transportasi adalah masih rendahnya pengetahuan dan budaya keselamatan warga masyarakat. Penumpang termasuk untuk bus pariwisata cenderung memilih kendaraan yang murah tapi kurang memperhatikan keselamatan.

“Masyarakat juga cenderung memilih bus pariwisata yang murah, tapi abai terhadap keselamatan jiwanya,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno, ST, MT kepada Beritatrans.com di Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Untuk menghindari kembali jatuhnya kroban jiwa, lanjut akademisi senior itu, konsumen bolkeh bahkan wajib menanyakan tentang surat menyurat terkait perijinan dan aspek keselamatan kendaraan yang akan ditumpanginya.

Sebaliknya, pengusaha angkutan umum termasuk bus pariwisata wajib menjelaskan tentang itu jika diminta konsumen. Keselamatan transportasi menjadi tanggung jawab kita semua. “Pengusaha tak boleh hanya memikirkan untung saja, tapi keselamatan dan pelayanan diabaikan,” jelas Djoko.

Dia menambahkan, ada beberapa pengusaha bus pariwisata menggunakan bekas bus reguler untuk bus pariwisata. Cuma cashing yang diubah, seolah seperi bus baru. “Sementara, kondisi didalamnya masih tetap bus lama dan tidak berubah,” sebut Djoko.

Dia menandaskan, selama ini banyak fenomena seperti ini. Ada praktek usaha bus pariwisata seperti ini (mengabaikan keselamatan). Oleh karena itu, saran Djoko, Pemerintah perlu melakukan tindakan sweeping ke beberapa operator bus pariwisata yang dicurigai bermasalah.

“Jika ketahuan melanggar, bisa ditutup izin ushnya. Jika tidak berizin, bisa dilanjutkan pelanggaran thdp tindakan ush angkutan umum ilegal,” tugas Djoko yang juga Ketua MTI Jawa Tengah itu.

Selanjutnya, tambah Djoko, ramp check untuk bus angkutan umum reguler bertrayek, terutama bus AKAP sekarang sudah rutin dilakukan setiap pemberangkatan bus di Terminal Tipe A.

Dapat dikatakan, sekarang kondisi bus AKAP lebih baik sejak diberlakukan ramp check di Terminal Tipe A sejak Januari 2017. “Pola kerja seperti itu, yaitu mengawasi dan membina bus angkutan umum terutama AKAP erlu ditingkatkan di masa mednatang,” tegas Djoko.(helmi)

loading...