Angkasa Pura 2

Saatnya Mewujudkan Kemandirian Maritim

DermagaRabu, 26 April 2017
IMG20170419172830

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Berbekal sumber daya alam utamanya dari hasil laut, menjadi bekal kemandirian bidang maritim. Pemerintah optimistis Indonesia mampu menjadi bangsa maritim besar dan disegani bangsa lain di dunia.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemhub) A Tonny Budiono menyebutkan, sejak awal pemerintahan, Presiden RI Joko Widodo dengan program Nawa Cita, telah menggagas penguatan jati diri Indonesia sebagi negara maritim.

“Presiden Joko Widodo juga memiliki visi untuk mengembalikan kejayaan maritim Indonesia yang dapat dicapai dengan melakukan pembangunan sektor maritim,” jelas Tonny di Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Saat ini menurutnya, Pemerintah fokus memanfaatkan segala potensi sumber daya kelautan, membangun transportasi laut, dan infrastruktur pelabuhan yang disertai pembangunan industri maritim yang kuat.

“Termasuk dengan membangun kekuatan ekonomi masyarakat sehingga nantinya kemandirian maritim dapat terwujud,” tuturnya.

Kemandirian bangsa menurut visi Presiden, dapat dilihat dari kemampuan mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap agar seluruh instansi dan stakeholder terkait dapat berpartisipasi aktif memberikan dukungan pada pembangun sektor maritim melalui terobosan-terobosan yang dapat memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat.

“Seperti program Tol Laut, Pemanduan di Selat Malaka, dan Direct Call kapal besar dengan tujuan internasional. Hal tersebut tentu akan membuktikan bahwa secara bertahap, Indonesia bisa meraih kemandirian sebagai negara maritim yang besar,” kata Tonny mengutip pernyataan Menhub. (omy)