Angkasa Pura 2

Yuks Terapkan 4 Sehat 5 Sempurna Saat Mudik Lebaran

KoridorRabu, 26 April 2017
IMG-20170416-WA0018

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Istilah empat sehat lima sempurna sudah melekat untuk mewujudkan hidup sehat dan nyaman. Istilah itu kini tengah digaungkan Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno, untuk memeroleh mudik selamat dan nyaman. Namun tentu saja buka diisi dengan menu-menu sehat pilihan, tetapi sehat dan sempurna yang lain. Yuk disimak.

Pengamat Transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) itu menyebutkan ada empat sehat yang dapat diterapkan saat mudik Lebaran.

“Pertama, sehat sarana transportasi. Kedua, sehat prasarana transportasi, ketiga, sehat awak transportasi (sopir, masinis, pilot, nakhoda) dan keempat, sehat penumpang,” ujar Djoko di Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Selanjutnya untuk menjadi empat sehat lima sempurna, maka dikatakan Djoko adalah sempurna untuk taat berlalulintas.

“Dengan menerapkan ini, maka pemudik akan nyaman selama dalam perjalanan mudik, selamat dan aman,” katanya.

Apalagi, tambah Djoko, angkutan mudik Lebaran tahun ini ditandai dengan pengalihan operasi Terminal A dari Daerah ke Pusat. Kondisinya lebih baik dari sebelumnya.

“Mulai Januari 2017, semua terminal tipe A dikelola Kementerian Perhubungan (Kemhub) berdasarkan UU 23/2014 tentang Pemda,” tuturnya.

Penyediaan toilet yang bersih sudah merupakan kewajiban. Belum lagi diwajibkannya pemeriksaan kendaraan dan awak bus. Harapannya dengan terminal tipe A yang aman dan nyaman, akan menambah jumlah pengguna transportasi umum antar provinsi, antar kota/kab dan lokal.

“Mengupayakan terminal setara stasiun dan bandara, membuat penumpang makin nyaman dengan angkutan umum dan diharapkan dapat berpindah dari angkutan pribadi,” tutupnya. (omy)