Angkasa Pura 2

Permohonan Akreditasi Penguji Kendaraan Bermotor Satu Tahun Sekali

KoridorKamis, 27 April 2017
IMG-20170427-WA0018

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Kepala Bagian Hukum dan Humas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemhub) Nasution bin As mengemukakan, pemenuhan standar Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor, dibuktikan dengan pemberian keputusan akreditasi dan sertifikat akreditasi Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat.

“Nantinya Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor yang telah ada wajib mengajukan permohonan akreditasi paling lambat satu tahun terhitung sejak Peraturan Dirjen Perhubungan Darat ditetapkan,” tutur Nasution di Bandung, Kamis (27/4/2017).

Untuk memeroleh Akreditasi, disebutkan Nasution, Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor harus memenuhi persyaratan diantaranya lokasi, kompetensi tenaga penguji, standar fasilitas prasarana pengujian berkala kendaraan bermotor, keakurasian peralatan pengujian, sistem dan tata cara pengujian, serta sistem informasi uji berkala kendaraan bermotor.

Nasution menambahkan bahwa Pemerintah juga sedang menyiapkan mekanisme agar pengujian berkala kendaraan bermotor dapat dilaksanakan oleh bengkel agen pemegang merek (APM) dan/atau swasta.

“Sebagai contoh di wilayah Provinsi DKI Jakarta, dimana pengujian berkala telah dilakukan pihak swasta, yakni PT. Hibaindo Armada Motor,” kata Nasution.

Kedepannya akan terus didorong oleh Pemerintah sebagai pelaksanaan amanah Undang-undang, agar pelaksanaan uji di luar Pulau Jawa melalui bengkel-bengkel agen pemegang merek (APM) yang sudah tersebar di Indonesia. (omy)

loading...