Angkasa Pura 2

Ro-Ro Bitung-Davao Gunakan Kapal Berkapasitas 500 Teus

DermagaJumat, 28 April 2017
IMG-20170428-WA0046

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemhub), A. Tonny Budiono menyatakan bahwa kapal yang rencananya akan digunakan untuk melayani rute Bitung-Davao/General Santos adalah Super Shuttle RoRo 12 dengan kapasitas 500 TEUS.

Pelayaran atas kerja sama Indonesia-Filipina yang ditandatangani di Manila, Filipina hari ini (28/4/2017), akan dioperasikan Asian Marine Transport Corporation (AMTC).

“Kapal ini rencananya akan bersandar di Dermaga IV/IKD, Bitung, Sulawesi Utara, “jelas Tonny di Jakarta, Jumat (28/4/2017).

Seperti diketahui, penandatanganan yang dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Perhubungan Filipina Arthur P Tugade, merupakan tindak lanjut dari pertemuan BIMP-EAGA Sea Linkages Working Group di Manado tanggal 19-20 April 2017 yang dihadiri oleh perwakilan dari Negara anggota BIMP EAGA Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Filipina, serta perwakilan dari BIMP Facilitation Centre (FC), BIMP EAGA Business Council (BEBC) dan Asian Development Bank (ADB).

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo, bersama dengan Presiden Rodrigo Duterte dijadwalkan akan menghadiri peluncuran pelayaran perdana Kapal RoRo pada Ahad, 30 April 2017.

Beroperasinya kapal Ro-Ro Bitung-Davao, diharapkan akan meningkatkan perdagangan, pariwisata, dan peningkatan perekonomian daerah. (omy)

loading...